Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Nasional · 25 Jan 2023 ·

Buka Rakornas Inspektur Daerah, Mendagri: Jika APIP-nya Kuat, Kepala Daerah Juga Aman


 Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian saat membuka acara Rakornas Inspektur Daerah di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu, (25/01/2023). Foto : Istimewa Perbesar

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian saat membuka acara Rakornas Inspektur Daerah di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu, (25/01/2023). Foto : Istimewa

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri melalui Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional ( Rakornas) Inspektur Daerah dari 38 Provinsi dan 514 Kabupaten Kota Seluruh Indonesia yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (25/01/2023).

Inspektur Jenderal Kemendagri, Komjen.Pol Tomsi Tohir Balaw menyampaikan ada beberapa agenda utama dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Inspektur Daerah Seluruh Indonesia diantaranya adalah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Antara APIP dan APH yang terdiri dari Kemendagri, Polri dan Kejaksaan Agung.

“Ada Empat kegiatan utama pada Rakornas Inspektur Daerah hari ini, Pertama, Penandatanganan MoU antara APIP dan APH, kemudian dilanjut launching aplikasi Laporan Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait pengawasan Operasional Sekolah dan Dana Alokasi Khusus bidang Kesehatan, serta Diskusi Panel, ” Jelas Jenderal Polisi yang pernah menjabat Kapolda Banten tersebut.

Tomsi melaporkan bahwa peserta yang hadir secara langsung dalam Rakornas tersebut terdiri dari 300 teridiri dari Irjen Kementerian dan Lembaga kemudian seluruh Inspektur Kota dan Kabupaten dan Provinsi.

“Hadir secara online melalui zoom meeting 902 Peserta teridiri dari Kepala daerah, Unsur Kejaksaan dan Polri, ” Tambahnya.

Kegiatan Rakornas Inspektur Seluruh Indonesia tersebut dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Dalam sambutannya Tito menjelaskan bahwa acara Rakornas Inspektur Daerah merupakan tindak lanjut dari Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia.

“Arahan pa Presiden saat Rakornas Kepala daerah yang lalu diantaranya adalah Kendalikan Inflasi, Turunkan kemiskinan Ekstrem, turunkan stunting, KKPR dan PBG, Pengelolaan Keuangan daerah, masterplan penataan kota, jaga stabilitas politik dan keamanan terkahir jamin kebebasan beragama, ” Paparnya.

Mendagri menjelaskan bahwa APH tidak masuk terhadap postur anggaran, namun APIP bisa masuk karena APIP tugasnya dua menegakkan aturan administrasi dan menegakkan aturan pidana.

“Di bagian administrasi APIP harus bisa bermain betul berperan mengawal anggaran tepat sasaran, membuat program dan terlibat dalam perencanaan agar tepat sasaran efektif efisien mendorong pertumbuhan ekonomi, ” Tegasnya.

Tito menegaskan bahwa, jika APIP nya kuat dalam upaya pencegahan, pendampingan, pengawasan dan penyelesaian ketika ada masalah dalam bentuk kerugian.

“Kami mohon kepala daerah betul-betul Memanfaatkan APIP ini, agar lebih independen, sehingga kepala daerah juga aman,” Pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut sekaligus melakukan penandatanganan MoU, Jaksa Agung H. Sanitiar Burhanuddin, dan Kabareskrim Polri, Komjen.Pol.Agus Andrianto mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PSSI Tunjuk Zaki Iskandar Pimpin Timnas Indonesia U-20 dan U-17

19 Mei 2024 - 08:47

Al Muktabar Dipastikan Tidak Dapat Mengikuti Pilkada Setelah Dilantik Kembali Jadi Pj. Gubernur Banten

17 Mei 2024 - 10:02

Safari Politik, Golkar dan PKS Jajaki Koalisi Pilkada DKI Jakarta

14 Mei 2024 - 23:11

Kota Tangerang Wakili Banten di Lomba Masak Tingkat Nasional, Pj Wali Kota: Napole, Patut Dicicipi!

14 Mei 2024 - 19:36

Gerindra Siapkan 2 Opsi Untuk Pilkada DKI Jakarta, Sufmi Dasco: Namanya Sudah Dikantong Pak Prabowo

9 Mei 2024 - 23:25

Nasib Al Muktabar Ditentukan Presiden Jokowi Pekan Depan, Lanjut atau Digantikan?

7 Mei 2024 - 16:55

Trending di Banten