Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kota Tangerang · 15 Mei 2024 ·

Kadinkes Kota Tangerang Bagikan Tips Cegah Diabetes Sejak Dini


 Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni,MM. Foto: ist Perbesar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni,MM. Foto: ist

Kota Tangerang – Penyakit diabetes pada umumnya dialami bagi orang yang sudah berusia lanjut. Namun ternyata remaja ataupun anak muda bisa terkena penyakit diabetes. Hal ini justru lebih berbahaya apabila dialami di usia muda.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan, penyakit diabetes yang diderita di usia muda bisa disebabkan oleh gaya hidup dan masalah kesehatan. Selain itu, faktor genetik juga dapat meningkatkan risiko remaja mengidap diabetes.

“Biasanya lebih banyak gaya hidup tidak sehat yang menjadi masalah utama penyebab anak muda akhirnya memiliki diabetes. Di Indonesia, anak muda paling banyak mengonsumsi minuman tinggi kadar gula, yang menyebabkan meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2,” terangnya, saat dihubungi Selasa (14/5/2024).

Ia pun mengajak kepada masyaarakat khususnya anak muda kalangan usia 5-19 tahun untuk mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, daging olahan, dan buah-buahan kemasan kaleng. Serta membatasi asupan gula per harinya maksimal 4 sendok makan atau setara 50 gram.

“Perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau, ikan dengan omega 3, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan buah-buahan. Hindari juga minuman berperisa seperti soda, minuman dengan tambahan pemanis dan batasi makan makanan manis,” imbuh dr. Dini.

Tak hanya itu, dr. Dini juga menerangkan, gejala penyakit diabetes tipe 2 biasanya terjadi seperti meningkatnya rasa haus, penurunan berat badan, mudah kelelahan, gatal di sekitar alat kelamin yang disebabkan infeksi jamur, serta seringnya buang air kecil di malam hari.

“Untuk itu, ayo kita jaga kesehatan sedini mungkin dengan pola hidup bersih dan sehat, serta rutin berolahraga guna menurunkan kadar gula dalam darah. Seperti jalan cepat, yoga, bersepeda, hingga berenang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar,” ajak dr. Dini. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dihadapan Panelis PKB, Jazuli Abdillah Tawarkan Solusi Atasi Masalah Kota Tangerang

19 Mei 2024 - 17:13

Waduh! Rektor UMT Ahmad Amarullah Akan Buat Taman Asmara?

19 Mei 2024 - 12:05

Erlangga Yudha Nugraha Kembali Paparkan Musrenbang Khusus Pemuda di Penjaringan PKB

19 Mei 2024 - 11:18

Pj Wali Kota Nurdin Ajak 3.000 Pekerja Upgrade Diri dan Dukung Kemajuan Kota

18 Mei 2024 - 20:52

Wujudkan Kenyamanan Sekitar Pasar Anyar, Pj Wali Kota Minta Segera Tertibkan PKL 

17 Mei 2024 - 18:45

Jalan Braga Kota Bandung Sudah Bebas Kendaraan, Jalan Kisamaun Kota Tangerang Kapan Yah?

17 Mei 2024 - 04:38

Trending di Kota Tangerang