Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kota Tangerang · 2 Mar 2023 ·

Yuk Kenali Penghargaan Adipura, Apa Bedanya Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura?


 Yuk Kenali Penghargaan Adipura, Apa Bedanya Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura? Perbesar

Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menganugerahkan penghargaan Adipura kepada Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa, (28/02/2023) lalu.

Pelaksanaan Program Adipura 2022 dilaksanakan terhadap 258 Kota/Kabupaten Se-Indonesia, atau sebanyak 50,2℅ dari 514 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Sebanyak 5 Kabupaten/Kota meraih Adipura Kencana yang juga sebagai penghargaan tertinggi bagi Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

Kemudian sebanyak 80 Kabupaten/Kota berhasil mendapatkan Anugerah Adipura,  terdapat 61 Kabupaten/Kota memperoleh penghargaan Sertifikat Adipura, dan 4 Kabupaten/Kota Menerima Penghargaan Plakat Adipura yang merujuk pada lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik.

1. Adipura Kencana diberikan kepada Kabupaten/Kota dengan peringkat 3 besar nasional untuk kota metro besar dan 10 besar nasional untuk kota sedang kecil, selain itu juga harus sudah 3 kali berturut-turut setiap tahun tanpa putus mendapatkan penghargaan Adipura. Selain itu juga ada kriteria khusus Adipura Kencana yang telah dipenuhi.

2. Adipura diberikan kepada Kabupaten/Kota yang telah berhasil memenuhi syarat nilai minimal sesuai dengan penilaian berdasarkan kriteria Adipura.

3. Sertifikat Adipura diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memiliki peningkatan nilai Adipura lebih dari 3 point dari nilai tahun sebelumnya, dengan kata lain Kab/kota tersebut memiliki peningkatan kinerja.

4. Plakat Adipura diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memiliki lokasi yang memiliki rata-rata nilai tertinggi nasional dengan kategori : pasar terbaik, taman kota terbaik, hutan kota terbaik, terminal terbaik, dan TPA terbaik. Tahun ini juga diberikan penghargaan plakat Adipura tambahan kepada pengelola TPA Regional Terbaik.

Sekarang sudah tahu yah Bedanya? Kota Kamu dapat Penghargaan yang Mana? Piala Adipura Kencana? Adipura? Sertifikat atau Plakat?

Redaktur : M. Rendi Saputra/Bule

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ahmad Amarullah Diusung Calon Walikota Tangerang? Desk Pilkada PKB: Penyerahan Rekomendasi Setelah 16 Juli

12 Juli 2024 - 14:00

Ahmad Amarullah: Pendidikan Untuk Semua, Jangan Ada Anak-anak Kita Tidak Sekolah Karena Biaya

12 Juli 2024 - 09:20

Kelurahan Tangguh Bencana, Dr. Nurdin : Upaya Pencegahan dan Melindungi Masyarakat 

11 Juli 2024 - 17:42

Dukung Transformasi Ekonomi, Pj Wali Kota Nurdin: Pemkot Komitmen Majukan Ekraf

11 Juli 2024 - 17:29

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan, KPU Kota Tangerang Sosialisasikan Pilkada Serentak 

10 Juli 2024 - 19:40

Tok! DPRD Sahkan RPJPD Kota Tangerang Tahun 2025-2045

10 Juli 2024 - 18:16

Trending di Kota Tangerang