Menu

Mode Gelap
Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten Walikota Benyamin Hadir Bersama UAS Pada Gebyar Al-Kautsar

Nasional · 11 Mar 2023 ·

Tingkatkan Penggunaan Produk UMKM Pada Industri Pariwisata, Kemenparekraf RI Selenggarakan Literasi Rantai Pasok Industri


 Pemaparan Narasumber Literasi Rantai Pasok yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung Kota Tangerang, Sabtu, (11/03/2023). Foto: TangerangPos Perbesar

Pemaparan Narasumber Literasi Rantai Pasok yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung Kota Tangerang, Sabtu, (11/03/2023). Foto: TangerangPos

Kota Tangerang – Dalam rangka pelaksanaan program penguatan rantai pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Industri dan Investasi melalui Direktorat Manajemen Industri Kemenparekraf RI selenggarakan kegiatan Literasi Rantai Pasok dengan tema ‘Membangun Branding Dalam Rangka Peningkatan Rantai Nilai Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif’ yang berlangsung di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung Kota Tangerang, Sabtu (11/03/2023).

Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf RI, Syaifullah mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah guna meningkatkan penggunaan produk UMKM pada Industri Pariwisata.

“Kegiatan Literasi Rantai Pasok sebagai bentuk nyata dalam upaya peningkatan penggunaan produk UMKM pada Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Indonesia,” Ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Direktur LPPM Universitas Islam Syekh Yusuf  Tangerang, Dr. H. Hudaya Latuconsia, lalu Communications Trainer and Public Speaking Practicioner, Daud Ridwan Lumban Tobing, SH ssrta Kepala Bidang Pariwisata Kota Tangerang, Adrial Alkarami.

Dalam pemaparannya, Hudaya Latuconsina menenkankan tentang pentingnya Membuat Ide kreatif dengan membuat produk UMKM yang unik dan Inovatif.

“Bila ingin produk kita memiliki nilai daya jual tinggi, maka kita harus berani membuat perbedaan dengan membuat ide kreatif dan inovatif, lets doing lalu kerjakan, ” tegas mantan Kepala Bappeda Provinsi Banten tersebut.

Hudaya juga mengingatkan pentingnya peningkatan SDM dalam menggerakkan Literasi Rantai Pasok Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kunci dan dasar dari Literasi adalah Edukasi, dalam hal ini Peningkatan SDM melalui bimbingan tekniz dan penguatan kapasitas, maka kegiatan yang sudah dilaksanakan Kemenparekraf hari ini sudah sangat tepat,” tambahnya.

Sementara itu, Daud RL Tobing menjelaskan pentingnya membangun Branding dalam rangka meningkatkan rantai nilai Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Saat ini sudah era digital, maka pendekatan Branding kekinian adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan Sosial Media sebagai media membentuk Brand Image suatu produk Pariwisata,” Jelasnya.

Daud RL Tobing mencontohkan bahwa kita selalu membeli produk karena dibuat kesan atau image atas kebutuhan produk tersebut.

“Orang bisa memiliki Produk yang sama, tapi cara membuat branding yang berbeda, kesan terbaik dari suatu produk tercipta karena Branding yang diciptakan dari ide-ide kreatif, inovatif yang akhirnya menghasilkan produk yang Unik, lalu kita tinggal publikasikan dengan menarik,” tukasnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Adrial Alkarami mengatakan bahwa pasca pandemi covid-19, tingkat Pariwisata di Kota Tangerang semakin meningkat bahkan tahun ini kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang mencapai 11 juta orang.

“Kita ditargetkan 10 juta kunjungan, tahun ini melebihi target mencapai 11 juta kunjungan, sebagian besar hanya sekedar transit, maka kedepan Pemerintah Kota Tangerang akan mengembangkan Destinasi Wisata yang nyaman dan Unik agar tidak hanya sekedar Transit tapi juga punya nilai Edukasi History,” Pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj.Gubernur Banten Penuhi Panggilan Bawaslu, Pelapor: Apresiasi dan Percayakan Sepenuhnya Kepada Bawaslu

26 Februari 2024 - 23:02

Komeng Bikin ‘Geleng-geleng’, Foto Nylenehnya Pimpin Suara DPD RI Dapil Jabar

16 Februari 2024 - 09:21

Diduga Berpose ‘Terlarang’ Warga Laporkan Pj. Gubernur Banten, Bawaslu: Ada Laporan Tapi Belum Baca Detilnya

13 Februari 2024 - 08:12

Hatrick Penalti, Tuan Rumah Qatar Juara Piala Asia 2023

11 Februari 2024 - 00:55

600 Ribu Orang Biru Langit-kan SUGBK, Prabowo: Kami Akan Menjadi Presiden Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

10 Februari 2024 - 15:14

TKD Prabowo-Gibran DKI Jakarta Bagikan 400 Ribu Susu Gratis Secara Serentak di 520 Titik di Seluruh Jakarta

8 Februari 2024 - 16:12

Trending di Nasional