Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Nasional · 11 Mar 2023 ·

Tingkatkan Penggunaan Produk UMKM Pada Industri Pariwisata, Kemenparekraf RI Selenggarakan Literasi Rantai Pasok Industri


 Pemaparan Narasumber Literasi Rantai Pasok yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung Kota Tangerang, Sabtu, (11/03/2023). Foto: TangerangPos Perbesar

Pemaparan Narasumber Literasi Rantai Pasok yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung Kota Tangerang, Sabtu, (11/03/2023). Foto: TangerangPos

Kota Tangerang – Dalam rangka pelaksanaan program penguatan rantai pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Industri dan Investasi melalui Direktorat Manajemen Industri Kemenparekraf RI selenggarakan kegiatan Literasi Rantai Pasok dengan tema ‘Membangun Branding Dalam Rangka Peningkatan Rantai Nilai Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif’ yang berlangsung di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung Kota Tangerang, Sabtu (11/03/2023).

Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf RI, Syaifullah mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah guna meningkatkan penggunaan produk UMKM pada Industri Pariwisata.

“Kegiatan Literasi Rantai Pasok sebagai bentuk nyata dalam upaya peningkatan penggunaan produk UMKM pada Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Indonesia,” Ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Direktur LPPM Universitas Islam Syekh Yusuf  Tangerang, Dr. H. Hudaya Latuconsia, lalu Communications Trainer and Public Speaking Practicioner, Daud Ridwan Lumban Tobing, SH ssrta Kepala Bidang Pariwisata Kota Tangerang, Adrial Alkarami.

Dalam pemaparannya, Hudaya Latuconsina menenkankan tentang pentingnya Membuat Ide kreatif dengan membuat produk UMKM yang unik dan Inovatif.

“Bila ingin produk kita memiliki nilai daya jual tinggi, maka kita harus berani membuat perbedaan dengan membuat ide kreatif dan inovatif, lets doing lalu kerjakan, ” tegas mantan Kepala Bappeda Provinsi Banten tersebut.

Hudaya juga mengingatkan pentingnya peningkatan SDM dalam menggerakkan Literasi Rantai Pasok Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kunci dan dasar dari Literasi adalah Edukasi, dalam hal ini Peningkatan SDM melalui bimbingan tekniz dan penguatan kapasitas, maka kegiatan yang sudah dilaksanakan Kemenparekraf hari ini sudah sangat tepat,” tambahnya.

Sementara itu, Daud RL Tobing menjelaskan pentingnya membangun Branding dalam rangka meningkatkan rantai nilai Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Saat ini sudah era digital, maka pendekatan Branding kekinian adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan Sosial Media sebagai media membentuk Brand Image suatu produk Pariwisata,” Jelasnya.

Daud RL Tobing mencontohkan bahwa kita selalu membeli produk karena dibuat kesan atau image atas kebutuhan produk tersebut.

“Orang bisa memiliki Produk yang sama, tapi cara membuat branding yang berbeda, kesan terbaik dari suatu produk tercipta karena Branding yang diciptakan dari ide-ide kreatif, inovatif yang akhirnya menghasilkan produk yang Unik, lalu kita tinggal publikasikan dengan menarik,” tukasnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Adrial Alkarami mengatakan bahwa pasca pandemi covid-19, tingkat Pariwisata di Kota Tangerang semakin meningkat bahkan tahun ini kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang mencapai 11 juta orang.

“Kita ditargetkan 10 juta kunjungan, tahun ini melebihi target mencapai 11 juta kunjungan, sebagian besar hanya sekedar transit, maka kedepan Pemerintah Kota Tangerang akan mengembangkan Destinasi Wisata yang nyaman dan Unik agar tidak hanya sekedar Transit tapi juga punya nilai Edukasi History,” Pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukung Transformasi Ekonomi, Pj Wali Kota Nurdin: Pemkot Komitmen Majukan Ekraf

11 Juli 2024 - 17:29

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, A. Zaki Iskandar: Peta Politik Masih Dinamis Hingga Pendaftaran Calon di KPU

6 Juli 2024 - 10:30

A.Zaki Iskandar: Bukan Hanya Sekolah Negeri yang Gratis, Sekolah Swasta Juga Harus Gratis

6 Juli 2024 - 10:12

Hadir Kembali, Festival Al-A’zhom 2024 Hadirkan Bazar Kuliner Nusantara dan Timur Tengah

5 Juli 2024 - 08:20

Komitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan, Pelita Air Bersama Pertamina Tanam 10 Ribu Pohon di Jawa Timur

4 Juli 2024 - 20:04

Terbukti Melakukan Tindakan Asusila, DKPP Jatuhkan Sanksi Pemberhentian Tetap Ketua KPU

3 Juli 2024 - 16:26

Trending di Nasional