Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kabupaten Tangerang · 3 Agu 2023 ·

Profil Sekda Maesyal Rasyid yang Berpotensi Jadi Penjabat Bupati Tangerang


 Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid. Foto: Istimewa Perbesar

Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid. Foto: Istimewa

Kabupaten Tangerang – Mengingat Jabatan Bupati dam Wakil Bupati Tangerang akan berakhir pada September 2023 mendatang. Kementerian Dalam Negeri memberikan rentang waktu kepada DPRD Kabupaten Tangerang dan Pj. Gubernur Banten untuk mengusulkan nama calon Penjabat Bupati Tangerang hingga 9 Agustus 2023.

Salah satu nama yang muncul dan berpotensi diusulkan sebagai Penjabat Bupati Tangerang adalah Mochamad Maesyal Rasyid yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang.

“Iya masuk kriteria. Pak Sekda (Rudy Maesyal) juga ya memang sudah bisa. Secara syarat normatif juga sudah bisa, karena dia eselon II dengan jabatan Sekda,” Ungkap Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Kholid Ismail kepada awak media.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Tangerang, Jayusman yang mengatakan bahwa Penjabat Bupati Tangerang akan lebih tepat dijabat oleh ASN dari Pemkab Tangerang.

“Saya kira PJ Bupati nanti, lebih tepat dari internal ASN disini,” tukasnya.

Siapa Moch. Maesyal Rasyid ? 

Sang Legenda Persita

Mochamad Maesyal Rasyid atau biasa dikenal dengaan sapaan Rudy Maesyal sebelum menjadi birokrat adalah seorang legenda sepak bola Persita Tangerang pada era 80an.

Rudy kecil sejak SD tahun 1974 sudah hobi bermain sepak bola, bersama Agus Suparman dan Uwis Duarsa pada tahun 1979-1980 Rudy masuk dalam Tim Suratin, kejuaraan Saratin nasional, yang mewakili Persita Tangerang.

Lulus SMA Pada Tahun 1983, Rudy diterima sebagai Honorer berkat Walikota Tangerang Adminstratif, H. Yitno yang saat itu masih menjabat sebagai Kabag Pemerintahan. Rudy Kemudian melanjutkan studinya di APDN Bandung hingga Tahun 1989.

Selama menempuh studi di APDN Bandung pun, Rudi tetap bermain sepak bola. Namun kali ini bersama PS Pemda Jabar.

Mengawali Karier sebagai Staff

Setelah lulus di APDN pada tahun 1989, Rudy mendaftar PNS dan diterima, ia kembali ke Tangerang dan memulai bekerja di Kecamatan Ciputat sebagai staf, dalam tentang waktu tahun 1989 hingga tahun 1994.

Kemudian pada tahun 1994 setelah menjadi staf Kecamatan Ciputat, Rudy ditunjuk menjadi Pjs Kepala Desa Sawah Baru, Kecamatan Ciputat. Setelah satu tahun menjadi Penjabat Sementara, Rudy dipindah tugaskan ke Dinas Pendapatan Daerah, sebagai Kasubsi Perhitungan.

Setelah enam bulan tugas di Dinas Pendapatan Daerah, dirinya kembali dipindahtugaskan menjadi Kasi Pemerintahan di Kecamatan Pakuhaji.

Birokrat Spesialis Camat

Menginjak tahun 1996 dirinya naik jabatan menjadi Sekretaris Kecamatan Pakuhaji sampai tahun 1999. Ditahun yang sama, dia dipindah tugaskan lagi, menjadi Sekretaris Kecamatan Ciputat.

Tidak berselang lama, pada tahun 2000 Rudy ditunjuk menjadi Camat Balaraja. Hanya berselang satu tahun, pada 2001 dia kembali dipindahkan menjadi Kasubit PBB pada Dinas Pendapatan Daerah, yang kini menjadi Badan Pendapatan Daerah.

Hanya tiga bulan menjadi Kasubid PBB. Rudy ditunjuk menjadi Camat Tigaraksa, sampai 2003. Setelah itu, dirinya dipindah tugaskan menjadi Camat Kosambi sampai 2006. Setelah itu kembali pindah menjadi Camat Curug sampai 2008.

Karir Kinclong Sebagai Birokrat

Usai menjadi Camat Curug, dirinya dipindahkan kembali, menjadi Kepala Bagian Pemerintahan. Di tahun 2009 dirinya kembali dipindah tugaskan, menjadi Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah. Ditahun 2010 Rudi ditunjuk menjadi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Ditahun 2011 dirinya ditunjuk menjadi Kepala Perijinan, BP2T yang saat ini menjadi DPMPTSP sampai 2014.

Setelah menjadi Kepala Perizinan, Rudi ditunjuk menjadi Sistem Pemerintahan Daerah 1 atau Asda 1. Ditahun 2015, dirinya kembali dipindah tugaskan menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Moch. Maesal Rasyid dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang oleh Bupati Zaki Iskandar di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa, menggantikan sekda sebelumnya Iskandar Mirsad pada 2 Oktober 2017 lalu. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2,816 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemuda Cituis Peduli Pakuhaji Tangerang, Dukung Pencalonan Andra Soni Maju Pilgub Banten

15 April 2024 - 17:07

Pilkada Kabupaten Tangerang, Intan Nurul Hikmah Berpotensi Gaet Suara Perempuan

7 April 2024 - 12:52

Pilbup Tangerang, Selain Mad Romli Golkar Juga Memberikan Penugasan Kepada Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah

7 April 2024 - 07:19

Kosambi Ramadan Fest 2024, Sekda Maesyal Rasyid: Momentum Kepedulian Terhadap Sesama

4 April 2024 - 22:10

Sekda Maesyal Rasyid: Tim Pendamping Keluarga Jadi Kunci Percepatan Penurunan Stunting

3 April 2024 - 18:55

Pemuda Cituis Peduli Dukung Kejaksaan Usut Tuntas Dugaan Kasus Korupsi Pembangunan Breakwater di Pelabuhan Cituis

1 April 2024 - 21:37

Trending di Banten