Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kabupaten Tangerang · 1 Mei 2024 ·

Pemkab Tangerang Berikan Bantuan Kepada Nelayan, Sekda: Nelayan Adalah Pahlawan Pangan


 Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin saat menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kepada Nelayan. Foto: ist Perbesar

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin saat menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kepada Nelayan. Foto: ist

Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan kepada para nelayan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Selasa (30/04/2024).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid menyampaikan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

Bantuan ini juga diberikan untuk mendorong produktivitas para nelayan. Mengingat, nelayan merupakan mata pencaharian bagi masyarakat yang ada di wilayah Pantura dan merupakan tulang punggung perekonomian disektor perikanan.

“Nelayan adalah pahlawan pangan yang berjasa dalam menyediakan protein bagi masyarakat. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita membantu mereka untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan dan kesejahteraan mereka,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar produk perikanan juga menjadi ujung tombak pendukung keberhasilan sektor perikanan.

Karena itu, dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang dirasakan sangat penting dan memberikan semangat baru dan peluang pengembangan usaha penangkapan ikan.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada para nelayan agar dapat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan mereka. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan penangkapan ikan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jaenudin mengatakan, dalam kegiatan ini terdapat 14 kelompok dan 400 orang nelayan yang diberikan bantuan.

Bantuan ini di antaranya berupa Mesin kapal 24 PK sebanyak 40 unit, alat tangkap Bubu sebanyak 4.588 unit, Jaring Rampus sebanyak 185 unit, Cool Boks (wadah pendingin ikan di kapal) 160 unit, Alat bantu pencari ikan (fish finder) 25 unit,

Selain itu, Pemkab Tangerang juga memberikan bantuan solar kepada 300 nelayan sebanyak 150 liter per orang, serta pertalite kepada 23 nelayan masing-masing mendapat 100 liter.

“Pemerintah Kabupaten Tangerang juga memberikan sarana prasarana alat pengolahan ikan khusus berupa kios pemasaran, 4 unit kontainer dan sarana pengolahan 2 sebanyak paket. Bantuan juga diberikan kepada kelompok budidaya ikan berupa 2 unit kolam terpal,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini diharapkan para nelayan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tangkapan mereka. Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah masyarakat, dan nelayan. Dengan kerja sama yang erat, kita dapat mencapai tujuan bersama demi kemajuan dan kesejahteraan wilayah kita,” pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Milad Ke-59, Pj Bupati Berikan Potongan Tumpeng Kepada Sekda Maesyal Rasyid

17 Mei 2024 - 21:24

Bapenda Kabupaten Tangerang Tindak Lanjut Perumusan Draft Perbup Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah

13 Mei 2024 - 12:31

PPP Resmi Usung Mad Romli, Ketua DPC PPP: Insya Alloh Fix PPP Memberikan Mandat Untuk Haji Mad Romli

12 Mei 2024 - 22:50

Bagikan Sembako dan Berikan Santunan Yatim, Intan Nurul Hikmah: Mohon Do’anya Untuk Ayah!

8 Mei 2024 - 23:11

Sekda Maesyal Rasyid: PHBS Penting untuk Tuntaskan Stunting di Kabupaten Tangerang

8 Mei 2024 - 21:08

Serius Maju Pilbup Tangerang, Intan Nurul Hikmah Kembalikan Formulir Pendaftaran Nasdem

7 Mei 2024 - 17:58

Trending di Kabupaten Tangerang