Menu

Mode Gelap
Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten Walikota Benyamin Hadir Bersama UAS Pada Gebyar Al-Kautsar

Banten · 9 Okt 2023 ·

Waduh! Rencana Buang Sampah Dari Kota Tangsel Ditolak Ketua DPRD Lebak


 Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat Meninjau TPA Dengung Sajira Kabupaten Lebak. Foto: Istimewa Perbesar

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat Meninjau TPA Dengung Sajira Kabupaten Lebak. Foto: Istimewa

Kabupaten Lebak – Rencana Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk menjajaki kerjasama pembuangan sampah dari Kota Tangsel ke Kabupaten Lebak ditolak oleh Ketua DPRD Kabupaten Lebak, Agil Zulfikar.

“Saya secara pribadi jelas menolak karena memang atensi masyarakat di media sosial cukup beragam tapi lebih dominan yang negatif yang tidak menginginkan ada penumpukan sampah di Lebak atau sampah dari daerah lain,” kata Agil kepada wartawan di Rangkasbitung, Senin (9/10/2023).

Menurut Agil, secara fasilitas dan prasarana Pemerintah Kabupaten Lebak belum siap menampung sampah dari luar Kabupaten Lebak terlebih kajian yang juga belum matang.

“Dari sisi kesiapan jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyatakan tidak siap. Infrastruktur untuk menampung sampah dari luar berkaitan alat di lapangan dan memang kajiannya belum terlalu matang, maka tidak baik, tidak usah terburu-buru,” tuturnya.

Agil menambahkan bahwa ada tiga poin yang harus dipenuhi apabila rencana kerja sama pengelolaan sampah ini berjalan. Tiga poin itu adalah masyarakat sekitar menerima, ada pendapatan untuk Pemerintah Kabupaten Lebak, dan tidak merusak lingkungan.

“Hanya poin kedua yang terpenuhi karena jelas ada retribusi, pendapatan asli daerah (PAD) yang kita dapatkan. Tapi hanya satu dari tiga yang diminta. Pengkajian ada, infrastruktur memadai, tapi masyarakat menolak, ya nggak baik juga dipaksakan karena ini soal bagaimana kita mengakomodir semuanya,” Pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, usai kerjasama pembuangan sampah antara Pemerintah Kota Tangerang Selatan dengan Pemerintah Kota Serang berakhir pada tahun 2023 dan tidak diperpanjang kembali.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan ‘gercep’ melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Lebak untuk dapat menjalin kerjasama, namun hingga saat ini masih sebatas wacana dimana salah satu kendalanya adalah penolakan dari sejumlah pihak. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Menang Telak di Banten, Relawan Sujud Syukur di Rumah Kemenangan Prabowo-Gibran Provinsi Banten

14 Februari 2024 - 19:09

Diduga Berpose ‘Terlarang’ Warga Laporkan Pj. Gubernur Banten, Bawaslu: Ada Laporan Tapi Belum Baca Detilnya

13 Februari 2024 - 08:12

Hadiri Isra Mi’raj, Eva Elisa Wibisono: Teladani Kepemimpinan Rasullullah

8 Februari 2024 - 18:37

Tidak Diundang Dalam FKP RPJPD, HMI Cabang Pandeglang Kecam Klaim Undangan Sekda Kabupaten Pandeglang

8 Februari 2024 - 17:14

Survei: 69,1 % Gen Z di Provinsi Banten Pilih Prabowo-Gibran

7 Februari 2024 - 22:02

Soal Postingan IG Pemprov Banten, Bawaslu Banten Minta Keterangan Pelapor

7 Februari 2024 - 20:36

Trending di Banten