Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Ekonomi · 25 Apr 2023 ·

Triwulan Pertama 2023, PBB-P2 dan BPHTB Kabupaten Tangerang Capai 378 Milyar


 Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi Mulyanto. Foto: istimewa Perbesar

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi Mulyanto. Foto: istimewa

Kabupaten Tangerang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang mencatat, capaian penerimaan pajak daerah dari sektor PBB-P2 dan BPHTB pada Triwulan pertama tahun 2023 mengalami pertumbuhan dengan nominal kurang lebih mencapai Rp.378 miliar.

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi mengatakan, capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 lalu dalam periode yang sama.

Pada tahun 2022, penerimaan pajak dari kedua sektor tersebut dalam periode yang sama baru mencapai Rp.240 miliar, artinya terlihat pertumbuhan yang sangat baik yakni mencapai Rp.138 miliar.

“Allhamdulillah penerimaan pajak pada sektor PBB-P2 dan BPHTB ini mengalami pertumbuhan, pada triwulan pertama saja kalau di kalkulasi pada kedua sektor tersebut sudah berada kurang lebih di angka Rp378 miliar,” ucapnya, Jumat (14/04/2023).

Ia menyampaikan, pertumbuhan pendapatan ini juga dapat mendukung kebutuhan dana untuk pelaksanaan program kegiatan yg dianggarkan dalam APBD dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Selain itu, pertumbuhan perolehan pajak yang sangat baik ini juga dapat memperlihatkan bahwa aktivitas ekonomi di Kabupaten Tangerang ini kian membaik serta dapat dilihat bahwa pada TW 1 tahun 2023 mencatat rekor penyerapan anggaran terbesar.

“Dengan adanya pertumbuhan penerimaan pendapatan dari sektor PBB-P2 dan BPHTB ini, diharapkan hal tersebut dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang,” ungkap Slamet Budhi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Daerah PBB-P2 dan BPHTB, Dwi Chandra Budiman mengatakan, untuk penerimaan pajak di sektor PBB-P2 triwulan pertama tahun ini tumbuh dengan signifikan, naik 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ia merinci, pada triwulan pertama tahun 2022, capaian pajak di sektor tersebut baru mencapai Rp45 miliar. Namun pada tahun ini meningkat melebihi capaian tahun lalu dengan nominal mencapai kurang lebih Rp.63 miliar.

“Untuk sektor BPHTB juga terlihat pertumbuhan yang sangat siginifikan, naik kurang lebih 61 persen. Di tahun 2022 lalu pada triwulan pertama capaiannya itu baru Rp.195 miliar, tahun ini naik mencapai kurang lebih Rp.315 miliar,” ujarnya.

Menurut Dwi, hasil pajak yang didapatkan dari para wajib pajak juga memiliki beragam manfaat di berbagai sektor kehidupan masyarakat diwilayah Kabupaten Tangerang.

Ia juga turut mengapresiasi seluruh wajib pajak yang telah membayar pajaknya tepat waktu. Dengan taat membayar pajak, lanjut Dwi, masyarakat juga dapat berkontibusi langsung untuk meningkatkan nilai pertumbuhan ekonomi diwilayah Kabupaten Tangerang.

“Jadi ketika wajib pajak taat membayar pajak, ada beragam manfaat yang dirasakan kembali oleh masyarakat. Mulai dari fasilitas pendidikan yang menjadi lebih baik, fasilitas kesehatan yang lebih memadai, fasilitas umum dan infrastruktur yang lebih maju dan sektor-sektor lainya juga turut maju dan berkembang,” kata Dwi.

Selain itu, dampak dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat juga dirasakan oleh salah satu warga Kabupaten Tangerang yakni Alamsyah.

Warga Tigaraksa itu menyebut, dengan taat membayar pajak dirinya juga dapat turut berkontribusi dalam suatu proses pembangunan di suatu wilayah.

“Menurut saya ada banyak hal sih yang dapat kita rasakan, salah satunya adalah dengan taat membayar pajak kita juga dapat turut berkontribusi dalam hal pembangunan disuatu wilayah. Contohnya adalah ya seperti Puskesmas ini, ini bangunnya pakai uang kita jugakan,” ujarnya seusai berkunjung dari Puskesmas Tigaraksa. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Buka Junior League, Sekda Maesyal Rasyid: Mencari Bibit Unggul Sepakbola

24 Juni 2024 - 20:18

Apresiasi Bapenda, Pj Bupati Andi Ony: Kabupaten Tangerang Masuk Tiga Besar Pendapatan Pajak Tertinggi

22 Juni 2024 - 07:02

Kembali Raih Paritrana Award, Pj Bupati Andi Ony: Memacu Kolaborasi Perlindungan Para Pekerja Rentan

21 Juni 2024 - 21:26

Wujudkan Cisadane Bebas Sampah 2045, KOICA Pasang Barikade Penghalau Sampah di Area Banksasuci

21 Juni 2024 - 14:13

Pj Bupati Tangerang Buka Acara Gelar Inovasi dan Teknologi Pertanian Tepat Guna

20 Juni 2024 - 15:05

Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa Naik Dari Tahap Penyelidikan Ketahap Penyidikan

20 Juni 2024 - 14:36

Trending di Kabupaten Tangerang