Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Edukasi · 14 Des 2022 ·

Rektor UMT Beri Bekal Literasi Digital Kepada Kaum Milenial


 Rektor UMT Beri Bekal Literasi Digital Kepada Kaum Milenial Perbesar

Kota Tangerang – Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Dr. H. Ahmad Amarullah, M.Pd Menjadi Salah satu narasumber Pembinaan Profil Pelajar Pancasila yang diinisiasi oleh Pimpinan DPRD Kota Tangerang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang yang berlangsung di Yonif Mekanis 203/AK Jatiuwung Kota Tangerang pada Rabu, (14/12/2022).

Dalam Pemaparanya Amarullah mengambil tema besar “Membangun Generasi Emas 2045 Dengan Literasi Digital Antitesis Tawuran” yang menitikberatkan kepada Perubahan Maindset atau Pola Pikir pelajar dengan Memadukan antara karakter, literasi dan kompetensi diera digital.

“Ada tiga Hal pokok yang harus disiapkan seorang pelajar, Pertama Learning and Inovation Skill yaitu rasa ingin tahu dan membangun kemampuan inovasi dengan berpikir kritis serta membangun kolaborasi, Kedua, Life and Kareer Skill yaitu keinginan untuk terus belajar banyak hal dengan terus beradaptasi dengan perubahan Sosial dan Yang terakhir adalah Digital Literacy yaitu Pemahaman secara mendalam terkait Informasi Media melalui literasi Teknologi Informasi, ” jelasnya.

Untuk menguatkan tiga hal tersebut, Lanjut Amarullah, seorang pelajar juga harus memiliki lima dasar sebagai Nilai Utama Pembangunan Karakter.

“Pertama, Religius ini terkait tentang nilai ibadah dan hubungan dengan Sang Pencipta, kedua, Nasionalisme sebagai fundamental bernegara, ketiga, Kemandirian dengan tidak menjadi pribadi yang malas, keempat, Gotong Royong sebuah kesadaran bahwa manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan makan dibutuhkan saling kerjasama melalui gotong royong, dan terakhir adalah Integritas dimanapun dan kapanpun kejujuran dan disiplin yang kuat menjadi kunci pembangunan karakter, ” Tambahnya.

Amarullah berharap melalui pembinaan karakter tersebut, pelajar dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui literasi digital dengan Penumbuhan Niat Baca, menanggapi buku Pengayaan, serta menerapkan strategi membaca disemua mata pelajaran sebagai bentuk Pembelajaran.

“Melalui Kreativitas dan inovasi, kecakapan berkomunikasi serta membangun kolaborasi, rasanya saya optimis kita sudah mempersiapkan generasi emas 2045, dan adek-adek inilah yang menjadi agen perubahan dimasa depan, ” pungkasnya. (De)

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jadi Daya Tarik Para Investor, Dr. Nurdin: Kota Tangerang Miliki Banyak Keunggulan dan Kemudahan Investasi

25 Juni 2024 - 13:26

Ahmad Amarullah-Fadhlin Akbar Berpotensi Zone Of Possible Agreement Pilkada Kota Tangerang

25 Juni 2024 - 08:52

Apresiasi Kinerja Kelurahan, Pj Wali Kota Nurdin: Jadikan Motivasi untuk Terus Meningkatkan Pelayanan Publik

24 Juni 2024 - 18:55

PPS Kelurahan Karangsari Lantik 78 Petugas Pantarlih Pilkada Kota Tangerang

24 Juni 2024 - 17:02

Bila Gerindra Membuat Poros Baru dengan PSI, Jamaluddin Berpeluang Dipasangkan dengan Turidi Susanto

24 Juni 2024 - 13:06

HANI 2024, Bakal Calon Walikota Tangerang, Helmy Halim: Saatnya Kota Ini Punya Tempat Rehabilitasi

23 Juni 2024 - 23:02

Trending di Kota Tangerang