Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kota Tangerang · 24 Jun 2024 ·

PPS Kelurahan Karangsari Lantik 78 Petugas Pantarlih Pilkada Kota Tangerang


 Pelantikan 78 Petugas Pantarlih Kelurahan Karangsari. Foto: Fale Wali Perbesar

Pelantikan 78 Petugas Pantarlih Kelurahan Karangsari. Foto: Fale Wali

Kota Tangerang – Panitia pemungutan suara ( PPS ) Kelurahan Karang Sari Kecamatan Neglasari melaksanakan pelantikan dan bimbingan teknis sebanyak 78 orang petugas pantarlih yang di selenggarakan di aula Kantor Kelurahan Karang Sari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, Senin (24/06/2024).

Pantarlih merupakan petugas pemutakhiran Data Pemilih yang dibentuk untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan pemilu. Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) yang berkedudukan di Kelurahan Karangsari kecamatan neglasari . Sudah menjadi kewajiban bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk membentuk kemudian melantik Pantarlih.

Petugas Pantarlih yang lolos persyaratan setelah dilantik untuk kemudian bertugas melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih. Nantinya petugas Pantarlih akan berkedudukan di TPS masing-masing untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih yang akan melakukan pemilihan di TPS tersebut.

Selain melantik 78 petugas Pantarlih, Panitia Pemungutan Suara Kelurahan Karangsari juga melaksanakan apel siaga dan bimbingan teknis kepada petugas pantarlih di hari yang sama sesuai dengan susuan tahapan yang sudah diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kahar Muzakkir selaku ketua PPS Karang Sari mengatakan Petugas Pantarlih yang lolos persyaratan setelah dilantik akan kemudian bertugas melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih.

“Nantinya petugas Pantarlih akan berkedudukan di 40 TPS melaksanakan pencocokan dan penelitiandata pemilih serta emberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih,” ujarnya.

Lanjut Kahar adapun nanti tugasnya akan Menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Masing-masing untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih yang akan melakukan pemilihan di TPS tersebut serta adanya penandatangan fakta integritas dan sumpah yang diwakilkan peserta pantarlih itu sendiri,” sambungnya.

Di tempat yang sama Ahmad Ansori ketua PPK Kecamatan Neglasari menuturkan dalam Pantarlih ini hampir sebagian hadir adapun ada beberapa Pantarlih berhalangan sekitar 3 orang. Akan tetapi tidak menghidmati dalam kegiatan acara pelantikan Pantarlih ini.

Ansori berharap Pantarlih ini betul-betul mengetahui data-data penduduk yang akan mereka kunjungi nanti, karena mereka akan menjadi ujung tombak sebagaimana pilkada ini akan menjadi sukses.

“Saya katakan tadi untuk mendukung dari pihak RT maupun RW bahwa Pantarlih ini betul-betul harus di kawal, adapun nanti jangan pada sampai waktunya masyarakat kita tidak mempunyai hak untuk memilih,” Tandasnya.[Fale Wali]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sachrudin Terus Ajak Warga Berkontribusi Buat Lingkungan 

20 Juli 2024 - 19:15

Helmy Halim Bertekad Bangun Rumah Sakit dan Sekolah Negeri di Kecamatan Larangan

20 Juli 2024 - 15:16

Sesama Anak Muda, Erlangga Yudha Nugraha Siap Jadi Pembeda dengan Faldo-Fadhlin di Pilkada Kota Tangerang

20 Juli 2024 - 14:14

Sachrudin Akan Mengumumkan Pendampingnya Pada Waktu dan Momentum yang Tepat Bersamaan dengan Koalisi Partai

20 Juli 2024 - 13:10

Andra Soni dan Faldo Maldini Hadiri Jalan Santai yang Diikuti Ribuan Warga Cipondoh

20 Juli 2024 - 12:34

Demokrat Resmi Usung Andra Soni-Dimyati Natakusumah pada Pilkada Banten 2024

19 Juli 2024 - 22:18

Trending di Banten