Menu

Mode Gelap
Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten Walikota Benyamin Hadir Bersama UAS Pada Gebyar Al-Kautsar

Kota Tangerang Selatan · 27 Apr 2023 ·

Antisipasi Lonjakan Urbanisasi di Tangsel, Benyamin: Kita Siapkan Sipermen dan Program D3


 Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Daniel saat memimpin rapat di Ruang Anggrek Pus pemkot Tangsel. Foto: Pemkot Tangsel Perbesar

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Daniel saat memimpin rapat di Ruang Anggrek Pus pemkot Tangsel. Foto: Pemkot Tangsel

Kota Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan antisipasi sekaligus menyiapkan berbagai strategi dalam menghadapi gelombang urbanisasi pasca Idulfitri.

Mulai dari surat edaran, pendataan melalui Sistem pendaftaran penduduk non permanen (Sipermen), hingga program Dilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan (D3) juga semakin digencarkan untuk menjawab permasalahan urbanisasi di Kota Tangerang Selatan.

“Bahkan kami dari awal Ramadan, kami telah menerbitkan surat edaran ke Camat dan Lurah, yang salah satu isinya bahwa harapan kami sih kalau mudiknya berempat ya pulangnya berempat lagi,” ujar Benyamin dari Ruang Anggrek Puspemkot Tangsel, Kamis (27/04/2023).

Lanjut kata Benyamin, kedatangan warga ke Tangerang Selatan tidak mungkin dilarang dan dicegah. Tetapi, ia mengingatkan agar yang datang ke Tangerang Selatan dibekali dengan skill atau kemampuan yang mumpuni.

“Tentu kami harapkan mereka mempunyai keterampilan yang dimiliki,” ucap Benyamin.

Bahkan, Pemkot sudah menyiapkan strategi D3 untuk mengantisipasi apabila yang datang tidak dibekali cukup kemampuan. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan pengangguran dari efek adanya urbanisasi ini.

“Kami ada program D3, dan ada sertifikatnya untuk meningkatkan daya saing,” ungkapnya.

Apalagi kata Benyamin, Pemkot sudah memperkirakan akan ada hampir 4 ribu pendatang baru di Tangerang Selatan.

“Cenderungnya meningkat dari tahun ke tahun ya sekitar 7 sampai 15 persen, karena banyak juga yang mencari kerjanya di sekitar Tangsel yakni daerah industri seperti di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang,” jelasnya.

Sedangkan di Tangerang Selatan, khususnya di bidang perdagangan dan jasa yang menjadi paling banyak dicari dan dibutuhkan. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah di Sungai Cisadane Tangerang

18 November 2023 - 01:32

Siaga Musim Penghujan, Benyamin Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Pasukan BPBD

12 November 2023 - 12:32

Sanusi Dari Santri Menuju DPR RI, Inilah Program Unggulanya

29 Oktober 2023 - 23:36

Milad ke-22 Sispala Palteks Dihadiri Seluruh Angkatan

22 Oktober 2023 - 20:14

Waduh! Rencana Buang Sampah Dari Kota Tangsel Ditolak Ketua DPRD Lebak

9 Oktober 2023 - 21:24

Tingkatkan Pelayanan, Pemkot Tangsel Lakukan Pembinaan RT dan RW

9 Oktober 2023 - 20:14

Trending di Kota Tangerang Selatan