Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Banten · 19 Mei 2024 ·

Andra Soni: Seba Baduy Adalah Tradisi Dalam Menjaga Harmoni


 Ketua DPRD Banten, Andra Soni saat mengikuti Upacara Adat Seba Baduy di Gedung Negara Banten. Foto: istimewa Perbesar

Ketua DPRD Banten, Andra Soni saat mengikuti Upacara Adat Seba Baduy di Gedung Negara Banten. Foto: istimewa

Banten – Lebih kurang 1.500 Warga Baduy turun gunung melaksanakan Seba menuju gedung negara di Gedung Negara Provinsi Banten Jl Brigjen KH Tb Syam’un No 5, Kota Serang, Sabtu (18/5/2024).

Tradisi Seba telah diwariskan secara turun temurun serta dilakukan sebagai wujud rasa syukur masyarakat adat Baduy atas hasil panen selama satu tahun.

Dalam tradisi Seba, masyarakat Baduy membawa amanat Pu un, menyampaikan harapan dan menyerahkan hasil bumi/panen kepada Bapak Gede atau dalam hal ini Pj Gubernur Banten.

Belajar dari Seba Baduy, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni menyampaikan bahwa masyarakat Baduy selain menjaga kearifan lokal juga menunjukkan kepatuhan dalam tradisi.

“Baduy mengajarkan kita ketaatan pada pemerintah, mereka punya kearifan lokal sendiri namun dalam hal ini mereka juga menunjukan kepatuhannya dengan tradisi Seba mereka datang membawa amanat, menyampaikan harapan dan menyerahkan hasil panennya,” Ungkap Andra Soni, Sabtu (18/05/2024).

Andra menambahkan bahwa masyarakat Baduy sebagai salah satu masyarakat adat yang sampai saat ini masih lestari mengajarkan tentang menjaga harmoni kehidupan melalui tradisi Seba.

“Tentu ini wajib kita jaga dan kita hormati, jadi jelas Baduy mengajarkan kita menjaga harmoni antara Pemerintah dengan masyarakat Adat,” Pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gerindra Kota Tangsel Optimis Kader Prabowo Andra Soni Menang Pilkada Banten 2024

15 Juni 2024 - 22:43

Pilgub Banten 2024, Gerindra Kabupaten Tangerang Bertekad Menangkan Andra Soni

15 Juni 2024 - 20:07

Tampung Aspirasi, Andra Soni ‘Ngeliwet’ Bareng Petani

14 Juni 2024 - 14:46

Rapat Konsolidasi Gerindra Kota Tangerang, Andra Soni: Gerindra Usung Kader Internal Untuk Pilkada

10 Juni 2024 - 11:49

Opening Ceremony POPDA XI Banten di Kota Tangerang Berlangsung Meriah

8 Juni 2024 - 22:20

Hadiri Rapat Konsolidasi JMSI Banten, Andra Soni: Media Banyak Memberikan Masukan Dalam Evaluasi Pembangunan

8 Juni 2024 - 20:33

Trending di Banten