Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Banten · 21 Jun 2024 ·

Wujudkan Cisadane Bebas Sampah 2045, KOICA Pasang Barikade Penghalau Sampah di Area Banksasuci


 Lokasi Pemasangan Barikade Penghalau Sampah Cisadane di Area Banksasuci. Foto: Ist Perbesar

Lokasi Pemasangan Barikade Penghalau Sampah Cisadane di Area Banksasuci. Foto: Ist

Kabupaten Tangerang – Korea International Cooperation Agency (KOICA) merupakan organisasi pemerintah yang didirikan oleh Kementerian Luar Negeri Korea Selatan untuk meningkatkan efektivitas program bantuan hibah Korea Selatan bagi negara berkembang dengan melaksanakan program pemerintah.

Dalam rangka mendukung Cisadane Bebas Sampah 2045, Pemerintah Korea Selatan Melalui KOICA Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia melalui Kemenko Marives diteruskan melalui Pemerintah Kabupaten Tangerang mencanangkan Program Pengelolaan Sampah Sungai Cisadane dengan membangun Barikade Penghalau Sampah menggunakan Tekhnologi Conveyor.

Sebelumnya pada Juli 2023 delegasi KOICA telah melakukan survei sepanjang jalur lintas Sungai Cisadane, hingga akhirnya memutuskan untuk menentukan titik pemasangan barikade sampah di Area Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Cihuni Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Delegasi KOICA Indonesia saat berkunjung ke Banksasuci dan diterima langsung oleh Ketua Banksasuci Foundation Ade Yunus pada Juli 2023 lalu. Foto: Banksasuci

Progress pemasangan Barikade Penghalau Sampah saat ini telah selesai dilakukan Pengeboran Pile & Pile Bouy yang akan dilanjutkan berikutnya pemasangan Barikade.

Selain Barikade Penghalau Sampah di Area Banksasuci juga akan dibangun hanggar atau TPS3R sebagai tempat pemilahan dan pengeringan sampah. Sampah yang terpilah dimanfaatkan dan dikelola oleh Banksasuci salahsatunya dilakukan Recycle sampah, sementara residu sampah akan diangkut ke Lokasi TPST yang telah bekerjasama dengan KOICA, sehingga tidak ada sampah yang dibuang ke TPA.

Aktivis Banksasuci Rutin Membersihkan Sampah di Sungai Cisadane. Foto: ist

Dengan adanya sinergi dan kolaborasi antara KOICA, Kemenko Marives, KemenPUPR melalui BBWSCC, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang serta operator Pelaksana program tersebut yaitu Banksasuci diharapkan dapat mengurangi Sampah di Sungai Cisadane dan terwujudnya Cisadane Bebas Sampah 2045. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Andra Soni dan Faldo Maldini Hadiri Jalan Santai yang Diikuti Ribuan Warga Cipondoh

20 Juli 2024 - 12:34

Jelang Pilkada, Pj Bupati Andi Ony Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah

20 Juli 2024 - 11:29

Demokrat Resmi Usung Andra Soni-Dimyati Natakusumah pada Pilkada Banten 2024

19 Juli 2024 - 22:18

Muncul Wacana PDI Perjuangan Pasangkan Rano Karno-Airin Rachmi Diany

18 Juli 2024 - 13:32

Andra Soni-Dimyati Natakusumah Resmi Diusung PSI Pada Pilgub Banten 2024

18 Juli 2024 - 12:50

Duo Politisi Gerindra Thomas Djiwandono dan Sudaryono Sore ini Dilantik Jokowi Sebagai Wamen

18 Juli 2024 - 12:14

Trending di Nasional