Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kabupaten Tangerang · 14 Jun 2024 ·

Waduh! Sampah Bambu dan Kasur Bikin Kapal Interceptor Coldplay Batal Beroperasi di Cisadane


 Kapal Interceptor The Ocean Cleanup. Foto: Instagram @theoceancleanup Perbesar

Kapal Interceptor The Ocean Cleanup. Foto: Instagram @theoceancleanup

Kabupaten Tangerang – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi mengatakan bahwa kapal Interceptor Neon Moon II bantuan Coldplay batal beroperasi di sungai Cisadane dikarenakan karakteristik sampah yang tidak sesuai dengan fungsi alat.

“Kapal akan ditarik, akan diganti oleh barikade Untuk menghalau sampah yang disediakan oleh The Ocean Cleanup,” kata Fachrul Rozi dikutip dari Kompas.com, Kamis (13/4/2024).

Fachrul Rozi menambahkan bahwa saat uji coba pada November 2023 lalu, kapal Neon Moon II operasi kerjanya terhambat oleh sampah organik berukuran besar yang ada di Cisadane seperti bambu dan kasur. Sehingga diputuskan untuk tidak dilanjutkan operasinya dan akan diganti dengan cicin barikade penahan sampah.

“Namun kerja sama tetap dilanjutkan, mereka mengusulkan akan menggunakan barikade jaring esktra, jadi nanti ada cincin barikade yang bisa menahan sampah plastik, sampah akan kita ambil dengan ekskavator. Kerjasama terus berlanjut tapi tidak dengan kapal,” ujar Fachrul.

Usulan tersebut, kata dia, sudah disampaikan dan disetujui oleh Kementerian PUPR dan Kemenkomarves.

“Saat ini sedang dikaji, jangan sampai keberadaan barikade tersebut menggangu jalur pelayaran kapal nelayan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Band asal Inggris Coldplay yang baru saja menggelar konser megah dan bersejarah untuk pertama kalinya digelar di Indonesia, diam-diam rupanya juga membawa misi mitigasi bencana lingkungan dan penyelamatan laut melalui upaya pengurangan sampah di Sungai menggunakan Kapal Neon Moon II yang merupakan hasil kerja sama antara Coldplay dengan The Ocean Cleanup.

“Coldplay terus mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dengan mengadopsi Interceptor kedua mereka, Interceptor 020 alias Neon Moon II, yang akan ditempatkan di Sungai Cisadane, Jakarta,” tulis akun X @TheOceanCleanup.

Kapal New Moon II merupakan Interceptor 020 dengan teknologi lengkap dan efektif dalam upaya pengurangan sampah di Sungai, pasalnya Pada 2021, mereka telah mengirim kapal serupa dengan nama Neon Moon I untuk sungai Klang di Malaysia.

Kapal tersebut akan segera ditempatkan di sungai Cisadane yang hulunya di Bogor, mengalir ke Kota Tangsel, lalu ke Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan berujung dimuara Tanjung, [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jelang Pilkada, Pj Bupati Andi Ony Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah

20 Juli 2024 - 11:29

Pj Bupati Andi Ony Bangga Kecamatan Kresek Jadi Kampung Santri

15 Juli 2024 - 17:59

Pj Bupati Andi Ony: Koperasi Harus Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

12 Juli 2024 - 17:32

Pj Bupati Tangerang: Akses Tol Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat dan Meningkatkan Investasi

10 Juli 2024 - 20:41

Apel Terakhir Maesyal Rasyid sebagai Sekda Diwarnai Tangis Haru Pegawai Pemkab Tangerang

8 Juli 2024 - 11:56

Pj Bupati Andi Ony Harap Topi Bambu Tembus UNESCO Creative Cities Network

7 Juli 2024 - 23:31

Trending di Kabupaten Tangerang