Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Nasional · 2 Des 2022 ·

Utamakan Keselamatan dalam Bekerja, SiCepat Ekspres Berikan Training Safety Driving Bagi SiGesit Driver


 Utamakan Keselamatan dalam Bekerja, SiCepat Ekspres Berikan Training Safety Driving Bagi SiGesit Driver Perbesar

Jakarta – Perusahaan logistik tentu membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk mengantarkan suatu barang ke tempat lain. Tetapi jangan lupa sisi pengemudi (driver) juga memiliki peran penting bagi perusahaan logistik. Mempunyai peran penting dalam mengantarkan barang, SiCepat Ekspres terus mengingatkan para karyawan khususnya pengemudi (driver) untuk selalu mengutamakan keselamatan serta kesehatan saat bekerja.

Salah satunya melalui pelatihan keamanan berkendara (safety driving) yang diadakan pada Kamis (24/11) di dua lokasi berbeda yaitu Sortation Puninar Jakarta Timur dan Sortation Bandung. Pelatihan ini dibawakan langsung oleh tim Track SiCepat Ekspres yang menjelaskan tentang keamanan dalam berkendara hingga berbagai risiko kecelakaan.

Pelatihan safety driving untuk pengendara mobil atau truk penting diketahui oleh para pengemudi (driver). Kurangnya pengetahuan dan keterampilan pada saat mengemudi akan berbahaya bagi siapapun yang berkendara di jalan.

Pelatihan ini mengajarkan kepada para pengemudi bagaimana cara berkendara yang aman, cerdas pada saat mengemudikan sebuah kendaraan dengan standar keselamatan dan keterampilan tata cara yang benar.

Putra Senjara selaku Assistant Manager Health, Safety, & Environment (HSE) SiCepat Ekspres mengatakan jika pelatihan safety driving ini sangat penting untuk diikuti bagi para pengemudi (driver) SiCepat. Kegiatan safety driving ini bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan kerja pada driver dengan melibatkan TRAC yang sudah berpengalaman di bidang ini

‘Menurut saya driver yang membawa mobil sebisa mungkin wajib paham mengenai teknik mengemudi, komponen, hingga karakteristik barang yang dibawa. Apalagi safety driving dalam berkendara menjadi salah satu keterampilan dengan standar keselamatan serta cara mengemudi yang aman agar tetap fokus pada diri pengemudi (driver) itu sendiri,” kata Putra.

Ia menambahkan jika melalui pelatihan safety driving ini tidak sedikit para driver yang menyadari mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas hingga keamanan saat membawa kendaraan.   Pelatihan bagi para pengemudi (driver) tersebut juga menjadi dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mengendarai serta fokus pada keselamatan berkendara. Dengan adanya pelatihan yang dilakukan maka juga ikut berkontribusi menurunkan angka kecelakaan yang disebabkan oleh para pengemudi (driver).

Agar pengemudi dapat berkendara dengan aman tidak hanya kondisi tubuh saja yang harus diperhatikan, namun juga kondisi truk yang digunakan. Bagi para pengemudi (driver) ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan misalnya tidur yang cukup, mengurangi minuman berkafein, segera menepi jika mengantuk atau kelelahan, mengatur posisi duduk yang nyaman, hingga menjaga kebersihan kendaraan.

Pelatihan safety driving ini merupakan salah satu program rutin yang diadakan oleh tim Human Capital (HC) SiCepat Ekspres setiap bulannya bagi para pengemudi (driver). Selain pemaparan materi, pelatihan safety driving ini juga melakukan praktek mulai dari persiapan kondisi fisik, mengecek seluruh komponen mobil, hingga tata cara mengemudi yang baik dan benar. Kegiatan ini diberikan bagi para pengemudi yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Harapannya pelatihan safety driving ini bisa menjadi program berkelanjutan bagi para pengemudi (driver) untuk lebih memperhatikan keselamatan dalam mengendarai mobil.(Ris)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 141 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Makna Mendalam Idul Adha, Bang Zaki: Berkurban Wujud Ketaatan dan Kepedulian

16 Juni 2024 - 13:41

A.Zaki Iskandar: Untuk Pilkada Jakarta, Golkar Siapkan Berbagai Opsi

15 Juni 2024 - 07:47

Elektabilitas Zaki Iskandar Terus Naik, Intensitas ‘Sapa Warga’ Menjadi Pemicu

14 Juni 2024 - 08:00

Paket Komplit Bang Zaki Maju Pilkada Jakarta, Punya Pengalaman Eksekutif dan Legislatif

5 Juni 2024 - 05:52

Dukungan Kepada Zaki Iskandar Terus Mengalir, Setelah MKGR Kini Giliran MDI Deklarasi

24 Mei 2024 - 22:39

PSSI Tunjuk Zaki Iskandar Pimpin Timnas Indonesia U-20 dan U-17

19 Mei 2024 - 08:47

Trending di Nasional