Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Banten · 13 Mar 2023 ·

Tokoh Tangerang Raya Berpeluang Jadi Calon Gubernur Banten Potensial


 Lima Calon Gubernur Banten Potensial yang Berasal dari Tangerang Raya. Foto: istimewa Perbesar

Lima Calon Gubernur Banten Potensial yang Berasal dari Tangerang Raya. Foto: istimewa

Kota Tangerang – Meskipun perhelatan Pemilihan Calon Gubernur Banten baru akan berlangsung tahapannya setelah Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024, namun sejumlah Figur dan Tokoh Tangerang Raya digadang-gadang masuk dalam bursa Calon Gubernur Potensial. Siapa saja tokohnya?

1. Arief R. Wismansyah 

Wali Kota Tangerang dua Periode (2013 – 2018 dan 2018 – sekarang) merupakan figur pemimpin Kota Tangerang yang menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat Kota Tangerang terhadap Arief R. Wismansyah, bahkan pada Pilkada 2018 yang lalu Pasangan Arief-Sachrudin hanya berhadapan dengan Kolom Kosong dan berhasil meraih suara 85,80 persen sementara Kolom kosong hanya 14,20 Persen.

Sebelum menjabat Wali Kota Tangerang, Ketua MPD Partai Demokrat tersebut pernah menjabat Wakil Walikota Tangerang termuda mendampingi Wahidin Halim pada Periode 2008 – 2013.

Arief Wismansyah kini dikenal sebagai Bapak UMKM atas keberhasilannya melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM di Kota Tangerang yang kini naik kelas.

Meskipun namanya masuk dalam bursa Bakal Calon Gubernur Banten yang diusung Partai Demokrat, namun ketika ditanya awak media Arief selalu mengaku belum berminat maju sebagai Calon Gubernur Banten.

2. Wahidin Halim

Gubernur Banten Periode 2017 – 2022 yang kini menjadi Fungsionaris Partai Nasdem, sebelum menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Partai Demokrat Pada tahun 2014 juga pernah menjabat Wali Kota Tangerang dua Periode sejak 2003 – 2008 dan 2008 – 2013.

Kepindahan Wahidin Halim dari Partai Demokrat ke Partai Nasdem banyak mengejutkan sejumlah pihak, pasalnya Adik Kandung Wahidin Halim, Abdul Syukur baru saja Pindah dari Partai Golkar ke Partai Demokrat.

Slogan Kota Tangerang sebagai Kota Akhlaqul Karimah adalah salah satu warisan Wahidin Halim, bahkan Wahidin Halim dikenal sebagai Bapak Pendidikan karena Fasilitas Pembangunan Sekolah yang memadai dan megah pada masanya.

Semasa menjabat Gubernur Banten 2017-2022 Warisan Wahidin Halim yang sangat Fenomenal adalah Revitalisasi Banten Lama dan Banten Internasional Stadium.

Sebelum diusung Partai Nasdem sebagai Calon Gubernur Banten mendatang, Wahidin akan maju terlebih dahulu sebagai Calon anggota DPR RI Dapil Banten III dari Partai Nasdem pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

3. Airin Rachmi Diany 

Siapa yang tidak mengenal Wali Kota Tercantik di Indonesia, Airin Rachmi Diany yang kini gambarnya terpampang berada di seluruh pelosok kampung se-Provinsi Banten.

Wali Kota Tangerang Selatan dua Periode, dari Tahun 2011 hingga 2021, kini menjabat sebagai Ketua PMI Kota Tangerang Selatan dan Ketua Umum DPP KPPG Partai Golkar.

Mantan Puteri Indonesia 1996 tersebut sempat digadang-gadang untuk Maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta, Namun dirinya memilih mengabdi di Provinsi Banten dengan Maju sebagai Calon Gubernur Banten.

Sama halnya dengan Wahidin Halim, Sebelum maju sebagai calon Gubernur Banten, Airin terlebih dahulu akan maju sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil Banten III dari Partai Golkar pada Pemilu Legislatif 2024.

4. Rano Karno 

Aktor yang lebih dikenal sebagai ‘Si Doel’ ini pernah menjabat Gubernur Banten selama dua tahun dari tahun 2015-2017, hingga akhirnya terpilih sebagai Anggota DPR RI dapil Banten III dari PDI Perjuangan dengan perolehan suara tertinggi Se Banten pada Pemilu 2019 lalu.

Sebelum menjabat Gubernur Banten, Rano Karno adalah Wakil Gubernur Banten sejak tahun 2011 berpasangan dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang berhasil mengalahkan pasangan Wahidin Halim – Irna Narulita.

Jauh sebelum itu, Rano Karno adalah Wakil Bupati Tangerang sejak tahun 2008 yang berpasangan dengan Ismet Iskandar yang merupakan Ayah Kandung Bupati Tangerang saat ini, Ahmed Zaki Iskandar.

Menariknya pada Pilkada Kabupaten Tangerang 2008 lalu Pasangan Ismet – Rano Karno adalah pasangan yang mengalahkan pasangan Jazuli- Airin Rachmi Diany.

Atau dengan kata lain dalam karir Politik Rano Karno pernah mengalahkan Wahidin Halim Pada Pilgub Banten dan Airin Rachmi Diany pada Pilbup Tangerang.

5. Andra Soni 

Seperti diketahui Partai Gerindra di Provinsi Banten meraih Kursi terbanyak di DPRD Banten dari 85 kursi Gerindra menempatkan 16 kader terbaiknya di DPRD Banten, hingga menempatkan Andra Soni sebagai Ketua DPRD Banten periode 2019-2024.

Dalam karir Politiknya, Andra pernah menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang sebelum akhirnya kini menjabat sebagai Sekretaris DPD Gerindra Banten mendampingi Ketua DPD Gerindra Banten, Desmond Junaidi Mahesa.

Banyak yang mengatakan bahwa Jabatan Andra Soni sebagai Ketua DPRD Banten adalah faktor ‘keberuntungan’, namun Andra menunjukkan proses perjuangan karir politik yang cemerlang.

Sejarah mencatat bahwa pada Pemilu tahun 2019 yang lalu hegemoni Partai PDI Perjuangan di Provinsi Banten dapat disalip oleh Partai Gerindra atau sejak Andra Soni menjabat sebagai Sekretaris DPD Gerindra Banten.

Suka tidak suka Andra tercatat dalam sejarah sebagai Warga Kota Tangerang yang pernah menjadi Ketua DPRD Banten. Dan kini karirnya semakin bersinar dan dikenal banyak masyarakat Banten sebagai Ketua DPRD Banten yang paling sering menemui massa aksi saat berunjuk rasa.

Kita akan ikuti terus perjalanan kelima Figur Tangerang Raya tersebut dalam koncah politik di Provinsi Banten hingga pelaksanaan Pilkada Gubernur Banten 2024 mendatang. [red]

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Waduh! Rumah Sachrudin ‘Digeruduk’ BUS, Ada Apa Yah?

24 Juli 2024 - 08:48

Usung Ahmad Amarullah, Ketua DPC PKB Optimis Dapat Membuat Poros Baru Membangun Koalisi

24 Juli 2024 - 08:01

Jelang Pendaftaran Pilkada Kota Tangerang, Semua Bakal Calon Serukan Politik Sejuk dan Santun

23 Juli 2024 - 15:14

Head To Head Airin Rachmi Diany dan Andra Soni, Lahir Pada Bulan dan Tahun Yang Sama

23 Juli 2024 - 09:20

Buka Rapat Evaluasi Tim Pemenangan, Sachrudin: Bergerak Secara Santun dan Sejuk

21 Juli 2024 - 23:35

Bangun Poros Baru, Ahmad Amarullah Jadi Lawan Setara Sachrudin dan Faldo Maldini

21 Juli 2024 - 22:11

Trending di Kota Tangerang