Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kabupaten Tangerang · 13 Jun 2024 ·

Sosialisasi PPDB, Disdik Kabupaten Tangerang Berkomitmen Transparan dan Akuntabel


 Kepala Dinas Pendidikan Dadan Gandana saat membuka acara Sosialisasi PPDB. Foto: ist Perbesar

Kepala Dinas Pendidikan Dadan Gandana saat membuka acara Sosialisasi PPDB. Foto: ist

Kabupaten Tangerang – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten (Kab) Tangerang menggelar sosialisasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025, mengundang sebanyak 334 orang sebagai peserta terdiri dari kepala sekolah dan operator sekolah. Kegiatan tersebut bertempat di Ballroom Hotel Lemo pada Rabu (12/06/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Dadan Gandana mengungkapkan, sosialisasi ini bertujuan agar pelaksanaan PPDB berjalan lancar sehingga mendapatkan calon peserta didik baru yang memiliki prestasi sesuai kriteria dan persyaratan. Yakni berbakat, berminat, berkepribadian, bertaqwa dan mempunyai keterampilan penunjang keberhasilan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

“Dengan menyelenggarakan acara ini, kami Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang berkomitmen dalam PPDB diselenggarakan dengan transparan dan akuntabel dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagaimana dituangkan dalam Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025,” ungkapnya.

Sosialisasi pelaksanaan digelar berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menegah Kejuruan.

Dia menjelaskan, Pendaftaran PPDB akan dilaksanakan pada tanggal 17–21 Juni 2024 untuk Taman Kanak-Kanak (TK), 19–21 Juni 2024 untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tanggal 24-26 Juni 2024. Khusus untuk PPDB tingkat SMP akan diberlakukan uji coba penerimaan secara daring di 10 sekolah.

“PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 akan diberlakukan secara daring dan luring, kami akan melakukan uji coba di 10 Sekolah SMP yang jaringannya sudah memadai dan tersebar di Kabupaten Tangerang dan sisanya tetap menggunakan PPDB luring. Uji coba ini akan kami perluas lagi ketika sistem aplikasi, jaringan dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) kita sudah terbiasa,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dirangkaikan pula bersama penandatanganan komitmen dukungan kenegaraan dari seluruh stakeholder baik dari pemerintah maupun stakeholder lainnya yang terkait dengan dunia pendidikan dalam rangka mendukung pelaksanaan PPDB Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2024-2025.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten Afrizal Sihotang pada sambutannya menjelaskan, penandatanganan komitmen dukungan kenegaraan dan zonasi yang pada dasarnya PPDB dengan sistem zonasi sudah ada sejak tahun 2017. Visinya adalah upaya bersama untuk pemerataan akses layanan pendidikan yang berkualitas, dengan tujuan pemerataan kualitas akses pendidikan, berkeadilan dan pemerataan kualitas serta menjadikan sekolah sebagai ekosistem masyarakat yang eksis.

“Penandatanganan komitmen Dukungan kenegaraan PPDB ini mengacu pada pengantar surat Direktur Pemerintahan. Dengan adanya komitmen Dukungan PPDB tahun 2024 dan semua pihak pemangku kebijakan terkait PPDB di Kabupaten Tangerang pada hari ini diharapkan dapat mengikuti pelaksanaan PPDB yang objektif, transparan dan akuntabel,” ucapnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jelang Pilkada, Pj Bupati Andi Ony Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah

20 Juli 2024 - 11:29

Pj Bupati Andi Ony Bangga Kecamatan Kresek Jadi Kampung Santri

15 Juli 2024 - 17:59

Pj Bupati Andi Ony: Koperasi Harus Mampu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

12 Juli 2024 - 17:32

Pj Bupati Tangerang: Akses Tol Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat dan Meningkatkan Investasi

10 Juli 2024 - 20:41

Apel Terakhir Maesyal Rasyid sebagai Sekda Diwarnai Tangis Haru Pegawai Pemkab Tangerang

8 Juli 2024 - 11:56

Pj Bupati Andi Ony Harap Topi Bambu Tembus UNESCO Creative Cities Network

7 Juli 2024 - 23:31

Trending di Kabupaten Tangerang