Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Banten · 24 Jul 2023 ·

SMKN 3 Kota Tangerang, Sekolah Kejuruan Berstandar Internasional


 SMKN 3 Kota Tangerang, Sekolah Kejuruan Berstandar Internasional Perbesar

Kota Tangerang – Provinsi Banten bangga memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN 3 Kota Tangerang) yang memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik bahkan menjadi role model Sekolah Kejuruan di Tingkat Nasional.

SMKN 3 Kota Tangerang berdiri pada tanggal 4 Juli 1978 Berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan mengenai penunggalan SKKA.II filial Tangerang Nomor :145/C42/1978.

Seiring dengan bergulirnya waktu, maka pengembangan dari segi edukatif maupun non edukatif terus berkembang. Demikian pula perubahan nama dari SKKA (Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas) menjadi SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga) dan sejak Kurikulum tahun 1994 berubah nama menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan 3 Kota Tangerang) Kelompok Pariwisata sampai sekarang.

Sekolah yang berlokasi di Jl. Mohammad Yamin RT.002/RW.003, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang Provinsi Banten ini keberadaannya sangat strategis karena berdekatan dengan pusat pemerintahan Kota Tangerang dan dikelilingi pusat bisnis pariwisata dan perhotelan di Kota Tangerang.

Hampir seluruh Jurusan di SMKN 3 Kota Tangerang Ber-Akreditasi ‘A’ dari Jurusan Tata Busana, Tata Kecantikan, Jasa Boga, Akomodasi Perhotelan dan Teknik Komputer dan Jaringan.

Sejak Tahun 2015 hingga saat ini tercatat sejumlah prestasi dan penghargaan yang telah ditorehkan oleh Siswa/i SMKN 3 Kota Tangerang di antaranya adalah Juara 1 LKS Tingkat Provinsi Banten Bidang Lomba Restoran Service, Juara 1 LKS Kota Tangerang Desain Busana MuslimMuslim serta Juara Harapan 1 LKS Tingkat Nasional Bidang Lomba Ladies Dressmaking.

Setiap tahun SMKN 3 Kota Tangerang banyak menyumbang medali pada LKS Provinsi Banten, untuk tahun ini medali emas berhasil disabet dibidang efendy servis, Beauty therapi dan Hair dressing.

Karena banyaknya Prestasi tersebut, Menurut Kepala SMKN 3 Kota Tangerang Hj. Endah Resmiati banyak alumni yang telah diterima di sejumlah hotel besar dan bisnis kepariwisataan.

“Banyak alumni SMKN 3 yang telah diterima disejumlah Hotel  Bintang dan di sejumlah bisnis Kepariwisataan serta tidak sedikit yang sukses membuka usaha kreatif kepariwisataan sendiri,” Ungkapnya kepada TangerangPos.

SMKN 3 Kota Tangerang juga bangga memiliki Guru Matematika yang kini menjabat Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Yaitu Teten Masduki.

Menurut Teten, Alumni SMKN 3 Kota Tangerang berkewajiban untuk turut berperan serta dalam membangun mutu pendidikan di Kota Tangerang mulai dari infrastruktur sampai SDM.

“Karna SMK sekarang sudah menjadi perhatian utama bapak presiden, saya berharap alumni dapat lebih berperan membantu sekolah agar lebih baik lagi kedepannya,” ucapnya.

Untuk diketahui pada tahun 2010, SMKN 3 Kota Tangerang pernah dikunjungi Orang Nomor 1 di Indonesia, yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden SBY meninjau sarana pendidikan di SMKN 3 Tangerang untuk melihat perkembangan pendidikan, khususnya di bidang kejuruan.

Selama berada di SMKN 3 Tangerang, Presiden SBY meninjau ruang praktik tata boga dan tata busana. SBY menyempatkan diri berbincang-bincang dengan siswa sekolah unggulan tersebut. Sejumlah siswi sangat antusias melihat kedatangan Presiden dan Ibu Negara, bahkan beberapa di antaranya berusaha untuk mengabadikan momen tersebut.

SMK Negeri 3 Kota Tangerang mendapat bantuan dana dari Kementrian Pendidikan Nasional karena telah memiliki ISO 9001 yang merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Bantuan sebesar Rp1,5 miliar itu diberikan secara simbolis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pendidikan M Nuh dalam kunjungannya ke sekolah tersebut, Selasa (16/2/2010).

Menurut SBY, batuan dana itu diperuntukkan bagi pengembangan sekolah menengah
kejuruan, diantaranya untuk rehab serta penambahan sarana dan prasarana belajar
mengajar.

“Diharapkan dana bantuan ini bisa bermanfaat agar sekolah SMK Negeri 3 Kota
Tangerang ini menjadi lebih baik lagi,” terangnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 352 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kadisdukcapil Kota Tangerang Himbau Pendatang Baru Tertib Administrasi Kependudukan

16 April 2024 - 17:52

Halal Bihalal Pegawai Pemkot Tangerang, Pj. Wali Kota Nurdin: Semangat Baru Dalam Melayani Masyarakat

16 April 2024 - 11:08

Volume Sampah di Kota Tangerang Naik 1.800 Ton Perhari Saat Libur Lebaran

15 April 2024 - 21:41

Cegah Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Himbau Masyarakat Tidak Buang Sampah Ke Sungai

15 April 2024 - 19:24

Pemuda Cituis Peduli Pakuhaji Tangerang, Dukung Pencalonan Andra Soni Maju Pilgub Banten

15 April 2024 - 17:07

‘Perang Badar’ di Kota Tangerang Jelang Pilgub Banten 2024 

15 April 2024 - 10:45

Trending di Kota Tangerang