Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kota Tangerang · 25 Jan 2023 ·

Regsosek Akan Masuk Tahap FKP, BPS: Silahkan Adu Data dan Sampaikan Data Apa Adanya


 Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo saat ditemui TangerangPos di Ruang Kerjanya. Foto : Tangerangpos Perbesar

Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo saat ditemui TangerangPos di Ruang Kerjanya. Foto : Tangerangpos

Kota Tangerang – Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 15 Okt – 14 Nov 2022 telah melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di seluruh provinsi di Indonesia.

Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, Muladi Widastomo bahwa Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data.

“Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien, Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan,” papar Muladi saat ditemui TangerangPos diruang kerjanya, Rabu, (25/01/2023).

Menurut Muladi bahwa saat ini BPS sedang melakukan pengolahan data Regsosek untuk selanjutnya akan dilakukan validasi data melalui Forum Konsultasi Publik (FKP) pada tanggal 2 – 20 Mei 2023 mendatang untuk dilakukan perengkingan atau pemeringkatan.

“Dari BPS Propinsi nanti akan turun data dan daftar penduduk miskin di Kota Tangerang, selanjutnya kita lakukan validasi data melalui FKP untuk dilakukan peringkingan atau pemeringkatan,” tambahnya.

Untuk memenuhi kebutuhan validasi data by name by adres saat FKP nanti, petugas akan melakukan adu data dengan RT/RW, Tokoh masyarakat, Lurah, Babinsa dan Binamas, hingga didapatkan data ril dilapangan.

“Silahkan nanti disampaikan data apa adanya kepada petugas kami saat FKP nanti, atau istilah kami adu data, dalam rangka mendapatkan data valid tanpa intervensi,” Jelasnya.

Demi lancarnya kegiatan FKP nanti, Muladi meminta kepada seluruh pihak dapat memberikan dukungan penuh terwujudnya satu data yang valid.

“Kami juga mohon dukunganya kepada Pemkot Tangerang melalui surat edaran kepada Kecamatan dan Kelurahan untuk mendukung dan tidak mengintervensi serta menyampaikan data apa adanya,” Pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jadi Daya Tarik Para Investor, Dr. Nurdin: Kota Tangerang Miliki Banyak Keunggulan dan Kemudahan Investasi

25 Juni 2024 - 13:26

Ahmad Amarullah-Fadhlin Akbar Berpotensi Zone Of Possible Agreement Pilkada Kota Tangerang

25 Juni 2024 - 08:52

Apresiasi Kinerja Kelurahan, Pj Wali Kota Nurdin: Jadikan Motivasi untuk Terus Meningkatkan Pelayanan Publik

24 Juni 2024 - 18:55

PPS Kelurahan Karangsari Lantik 78 Petugas Pantarlih Pilkada Kota Tangerang

24 Juni 2024 - 17:02

Bila Gerindra Membuat Poros Baru dengan PSI, Jamaluddin Berpeluang Dipasangkan dengan Turidi Susanto

24 Juni 2024 - 13:06

HANI 2024, Bakal Calon Walikota Tangerang, Helmy Halim: Saatnya Kota Ini Punya Tempat Rehabilitasi

23 Juni 2024 - 23:02

Trending di Kota Tangerang