Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kota Tangerang · 28 Jun 2023 ·

Ratusan Ribu Warga Muhammadiyah Kota Tangerang Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah Pada Hari Ini


 Pelaksanaan Sholat Idul Adha Warga Muhammadiyah di Stadion Mini Sudimara Barat dari PCM Ciledug Kota Tangerang. Foto: Yan Evries Perbesar

Pelaksanaan Sholat Idul Adha Warga Muhammadiyah di Stadion Mini Sudimara Barat dari PCM Ciledug Kota Tangerang. Foto: Yan Evries

Kota Tangerang – Ratusan ribu warga Muhammadiyah melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di 20 titik Pimpinan Cabang Se-kota Tangerang, berdasarkan data yang di dapat TangerangPos dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang bahwa sebanyak 108 Ekor Sapi dan 68 Ekor kambing dari warga Muhammadiyah siap dikurbankan.

Wakil Ketua PDM Kota Tangerang, Ustadz Sarli Amri Teguh,M.Ag menjelaskan bahwa Idul Adha 1444 H warga Muhammadiyah tahun ini jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023 M, hal tersebut sesuai hasil perhitungan hisab hakiki wujudul hilal yang di keluarkan oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah.

“Semarak shalat Idul adha di Kota Tangerang terdistribusi di berbagai pimpinan cabang Muhammadiyah sebagai pusat penyelenggaraan shalat Iedul Adha. Tidak kurang 9 (sembilan) kecamatan sebagai pimpinan cabang dan ranting Muhammadiyah menggelar pelaksanaan shalat Ied adha berjamaah,” Jelasnya.

Walau berbeda dengan pemerintah, sesuai hasil sidang isbat Kementerian Agama yang menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2022,tetapi dengan kedewasaan dan menghargai kemajemukan masyarakat, maka seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah berhari raya idul adha tahun ini tetap mengedepankan prinsip toleransi (tasamuh) dengan saudara muslim lain.

Ustadz Sarli menambahkan bahwa Idul Adha merupakan momentum untuk saling memotivasi dalam menebar kebermanfaatan kepada sesama.

“Melalui ibadah qurban misalnya yang berdimensi sosial untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat yang termarjinalkan. Oleh karena itu Islam hadir sebagai agama sosial dengan spirit Al-Maun yang mewarnai kehidupan yang saling tolong menolong dalam kebersamaan,” Tambahnya.

Sementara itu, Ketua Ranting Muhammdaiyah Margasari Galeong, Syarifudin mengatakan bahwa pelaksanaan Idul Adha 1444 Hijriah di wilayahnya berjalan lancar dan tertib.

“Alhamdulillah pelaksaan shalat idul adha pagi tadi telah selesai dilaksanakan dengan tertib dan khusyuk. Kemudian, ada peningkatan jamaah yang hadir setiap tahunnya. Kami selaku pimpinan ranting atau penyelenggara sangat bergembira dan terharu melihat antusias, kekompakan, serta nampak sekali penerapan ukhuwah islamiyah di dalamnya,” terangnya.

Tak lupa Syarifudin mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah SMPN 15 Kota Tangerang yang telah memberikan izin tempat dilaksanakanya Sholat Idul Adha 1444 Hijriah.

Dan saat di temui dilokasi Sholat Idul Adha Cabang Periuk, Tokoh Muhammadiyah Kota Tangerang yang juga Wakil Ketua PWM Banten, Dr.Desri Arwen,M.Pd mengatakan bahwa Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 H/2023 M di lingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang dilaksanakan di berbagai tempat atau lokasi yang menyebar di setiap Pimpinan Ranting dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang ada lingkungan PDM Kota Tangerang antara lain PCM CILEDUG,PCM KARANG TENGAH,PCM LARANGAN,PCM PINANG, PCM CIPONDOH,PCM TANGERANG,PCM BATU CEPER,PCM CIBODAS,PCM KARAWACI,PCM (persiapan) PERIUK.

“Tema utama yang diangkat oleh para khatib shalat Idul Adha tentu hal hal yang berkaitan dengan peningkatan ketaqwaan kaum muslimin dan menumbuhkan dan menguatkan kecintaan terhadap ajaran Allah SWT dan menumbuhkan semangat ber Uswah kepada Rasulullah SAW dan ajaran semangat ber qurban yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS salah satunya adalah dengan menyembelih hewan qurban dan menyalurkannya kepada para mustahiq nya, ” pungkasnya. [Yah Evries]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 193 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dihadapan Panelis PKB, Jazuli Abdillah Tawarkan Solusi Atasi Masalah Kota Tangerang

19 Mei 2024 - 17:13

Waduh! Rektor UMT Ahmad Amarullah Akan Buat Taman Asmara?

19 Mei 2024 - 12:05

Erlangga Yudha Nugraha Kembali Paparkan Musrenbang Khusus Pemuda di Penjaringan PKB

19 Mei 2024 - 11:18

Pj Wali Kota Nurdin Ajak 3.000 Pekerja Upgrade Diri dan Dukung Kemajuan Kota

18 Mei 2024 - 20:52

Wujudkan Kenyamanan Sekitar Pasar Anyar, Pj Wali Kota Minta Segera Tertibkan PKL 

17 Mei 2024 - 18:45

Jalan Braga Kota Bandung Sudah Bebas Kendaraan, Jalan Kisamaun Kota Tangerang Kapan Yah?

17 Mei 2024 - 04:38

Trending di Kota Tangerang