Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kota Tangerang · 20 Agu 2023 ·

Pemkot Tangerang Rampungkan Sosialisasi Rencana Bisinis Perumda Tirta Benteng


 Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi. Foto: Istimewa Perbesar

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi. Foto: Istimewa

Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng akhirnya  menuntaskan agenda “Sosialisasi Rencana Bisnis Perumda Tirta Benteng” bersama USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, dan Hygiene (IUWASH), di Hotel Atria, Gading Serpong, Selasa (15/8/2023).

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi mengatakan bahwa agenda tersebut dilakukan untuk mensosialisasikan Rencana Bisnis (Renbis) 2023-2027 yang baru saja proses penyusunannya dituntaskan.

“Renbis merupakan program Perumda Tirta Benteng yang terintegrasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPKMD), Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM), dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) USAID IUWASH Tangguh,” Jelasnya.

Dodi menambahkan bahwa Renbis tersebut meliputi program rehabilitasi, program optimalisasi, dan program pengembangan perusahaan.

“Sosialsiasi Renbis ini merupakan upaya Perumda Tirta Benteng untuk mendorong optimalisasi pembangunan di Kota Tangerang dalam beberapa waktu kedepan. Serta, sosialisasi ini juga menggandeng beberapa pihak terkait, seperti Direktur Teknik Joko Suwarna, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kabag Perekonomian, Kabag Hukum, Kementerian PUPR Direktorat Air Minum, BPKP Prov Banten, Bappeda Kota Tangerang, Disperkimtan Kota Tangerang, dan BPKAD Kota Tangerang supaya rencana yang telah disusun dapat direalisasikan secara efektif dan efisien,” paparnya, Rabu, (16/8/2023).

Renbis Perumda Tirta Benteng 2023-2027 yang disosialisasikan menurut Doddy meliputi tiga program yang sebelumnya disebutkan, yakni rehabilitasi, optimalisasi, dan pengembangan perusahaan.

“Terkait program rehabilitasi, Perumda Tirta Benteng berencana akan melakukan rehabilitasi pipa distribusi eksiting di zona 1 yang dilakukan setiap tahun yang dimulai pada tahun 2023,” Lanjutnya.

Selain itu juga dilengkapi dengan rehabilitasi penggantian atau kalibrasi meter air secara menyeluruh dan bertahap.

“Sedangkan untuk program optimalisasi perusahaan, Perumda Tirta Benteng akan melakukan Distrik Meter Air (DMA) sebagai upaya dalam menekan penurunan tingkat kebocoran,” Terangnya.

Doddy juga menjelaskan bahwa akan melakukan pengadaan pipa HDPE 6 Inch dan pemasangan daya baru 197 KVA di Pompa Intake IPA Sitanala.

“secara umum berencana akan meningkatkan pelayanan melalui peningkatan sistem teknologi informasi dengan melakukan pengembangan aplikasi mobile Android dan iOS, serta redesign website, cloud server, dan database,” tukasnya.

hal tersebut sebagai upaya untuk merubah sistem pengelolaan perusahaan menuju sistem digitalisasi dalam rangka optimapisasi pelayanan kepada pelanggan.

Selain itu, Perumda Tirta Benteng juga akan melakukan percepatan pengembangan zona 2 dengan pembangunan Jembatan Pipa Sungai Cisadane dan Pipa Distribusi Utama melalui biaya investasi pihak ketiga dan ini bagian dari tindaklanjut atas hibah pembangunan IPA 500 lps yang dibangun oleh kementerian PUPR yg diperuntukkan untuk pelanggan 51.000 SL atas hibah dari Perumda Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang.

Tidak hanya itu, dalam program pengembangan perusahaan, Perumda Tirta Benteng akan melakukan upatya peningkatan cakupan layanan penyediaan air minum di berbagai daerah baru yang belum mendapatkan akses pelayanan.

“Pengembangan ini meliputi zona 2 dan 3 yang akan dilakukan dengan penambahan sambungan baru yang akan direalisasikan melalui skema kerjasama investasi, ” Pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Halal Bihalal Pegawai Pemkot Tangerang, Pj. Wali Kota Nurdin: Semangat Baru Dalam Melayani Masyarakat

16 April 2024 - 11:08

Volume Sampah di Kota Tangerang Naik 1.800 Ton Perhari Saat Libur Lebaran

15 April 2024 - 21:41

Cegah Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Himbau Masyarakat Tidak Buang Sampah Ke Sungai

15 April 2024 - 19:24

‘Perang Badar’ di Kota Tangerang Jelang Pilgub Banten 2024 

15 April 2024 - 10:45

Sholat Ied di Masjid Raya Al’Azhom, Pj Wali Kota: Pelayanan Kesehatan Tetap Berjalan

10 April 2024 - 14:40

Pilkada Kota Tangerang, Kosasih: Golkar Kota Tangerang All Out dan Solid Dukung Sachrudin

9 April 2024 - 11:04

Trending di Kota Tangerang