Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kabupaten Tangerang · 26 Jan 2024 ·

Pastikan Konsistensi Sistem Manajemen Mutu, PERUMDAM TKR Lakukan Audit Eksternal


 Jajaran Direksi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang. Foto: Perumdam TKR Perbesar

Jajaran Direksi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang. Foto: Perumdam TKR

Kabupaten Tangerang – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PERUMDAM TKR)  Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Audit Eksternal ISO 9001:2015 surveillance pada kantor pusat serta sertifikasi pada cabang dan wilayah selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 24 Januari sampai 26 Januari 2024 bersama dengan PT. Tuvnord Indonesia.

Kegiatan audit eksternal ini diawali dengan opening meeting yang dilaksanakan di Aula Tirta Kantor Pusat PERUMDAM TKR, Kamis (25/1). Audit eksternal ini rutin diadakan setiap tahun dan berkelanjutan untuk memastikan kesesuaian dan konsistensi implementasi sistem manajemen mutu, yang mana berfokus pada Audit Survailance-ISO 9001:2015.

ISO 9001 adalah standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Bagi yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001 dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu. ISO 9001 merupakan kemampuan perusahaan dalam menjaga mutu produk yang dihasilkan.

Menurut perwakilan dari auditor PT. Tuvnord Indonesia Wanda Sari M, menyarankan sebaiknya dilakukan audit ISO setidaknya 60% dari total unit kerja yang ada, terutama bagi unit kerja yang belum pernah melakukan ISO sebelumnya. Dirinya juga mengungkapkan tujuan kegiatan ini untuk memastikan konsistensi dari penerapan Sistem Manajemen Mutu yang telah ditetapkan sebagai upaya pemenuhan terhadap kepuasan pelanggan.

“Pada audit ISO ini untuk memelihara sertifikasi yang memenuhi standart ISO. Nantinya setiap selesai diaudit akan dipaparkan secara lisan apakah perlu diimprove atau apakah terdapat ada temuan atau tidak,” ungkap Wanda.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Teknik PERUMDAM TKR, Yadi Treviyadi yang juga menyampaikan “Sesuai dengan komitmen bersama, dalam kegiatan audit ini jika ada temuan maka segera ditindaklanjuti, jangan sampai berlalu begitu saja supaya menjadi evaluasi dalam rangka perbaikan sistem manajemen mutu kedepannya,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Umum PERUMDAM TKR, Sani Tora Wicaksono, berharap ini bisa menjadi satu kebiasaan karena audit di kantor pusat sudah dilakukan sebanyak dua kali. Hal ini merupakan usaha bersama dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan dengan membuat tata kelola perusahaan yang baik.

Pada audit kali ini selain bersama tim auditor dari PT. Tuvnord Indonesia namun juga didampingi oleh tim dari pegawai PERUMDAM TKR unit kerja bagian Sistem Manajemen dan Pengendalian Mutu (SMPM).

Setelah dilakukan kegiatan audit juga diadakan closing meeting pada Jumat (26/1) yang dihadiri oleh Direktur Utama PERUMDAM TKR, Sofyan Sapar. Penutupan pelaksanaan audit ini berhasil memenuhi persyaratan sehingga menunjukkan bahwa perusahaan telah memberikan komitmen sesuai dengan standart mutu ISO 9001:2015.

Sofyan memberikan apresiasi kepada seluruh tim yang sudah terlibat salam terlaksananya audit eksternal ISO 9001:2015. Menurutnya, audit ini menjadi penting karena menjadi tolak ukur dalam bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) Perusahaan.

“Catat apa yang kamu kerjakan, dan kerjakan apa yang kamu catat. Menciptakan tertib administrasi disegala lini bidang kerja, menjadi hal penting dalam menciptakan tujuan perusahaan dalam menciptkanan 3K (Kualitas, Kuantitas, dan Kualitas)” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini PERUMDAM TKR juga telah mengantongi beberapa sertifikasi ISO seperti sertifikasi ISO 17025:2017 laboratorium pengujian, sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehaatan Kerja (SMK3) serta Sertifikasi ISO 9001:2015. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemuda Cituis Peduli Pakuhaji Tangerang, Dukung Pencalonan Andra Soni Maju Pilgub Banten

15 April 2024 - 17:07

Pilkada Kabupaten Tangerang, Intan Nurul Hikmah Berpotensi Gaet Suara Perempuan

7 April 2024 - 12:52

Pilbup Tangerang, Selain Mad Romli Golkar Juga Memberikan Penugasan Kepada Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah

7 April 2024 - 07:19

Kosambi Ramadan Fest 2024, Sekda Maesyal Rasyid: Momentum Kepedulian Terhadap Sesama

4 April 2024 - 22:10

Sekda Maesyal Rasyid: Tim Pendamping Keluarga Jadi Kunci Percepatan Penurunan Stunting

3 April 2024 - 18:55

Pemuda Cituis Peduli Dukung Kejaksaan Usut Tuntas Dugaan Kasus Korupsi Pembangunan Breakwater di Pelabuhan Cituis

1 April 2024 - 21:37

Trending di Banten