Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kota Tangerang · 9 Agu 2023 ·

Optimalkan Pajak Daerah, BPKD Kota Tangerang Rutin Gelar Monitoring Lapangan


 Kepala BPKD Kota Tangerang, Tatang Sutisna saat menerima Penghargaan KPKNL Award 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Kepala BPKD Kota Tangerang, Tatang Sutisna saat menerima Penghargaan KPKNL Award 2023. Foto: Istimewa

  • Kota Tangerang – Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak terus dimaksimalkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Tangerang. Ada 7 jenis pajak yang dikelola oleh BPKD Kota Tangerang, diantaranya adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak parkir, pajak penerangan jalan dan pajak air tanah.

“Seluruh penerimaan pajak yang kami kelola tersebut selanjutnya akan digunakan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk membiayai kegiatan pembangunan, baik kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik,” terang Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Tangerang, H.Tatang Sutisna, Senin (08/08/2023).

Untuk memaksimalkan penerimaan pajak Daerah tersebut, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha.

“Kota Tangerang merupakan salah satu Kota Perdagangan dan jasa di Provinsi Banten, untuk itu kami selalu melaksanakan monitoring lapangan dan peneguran kepada pelaku usaha yang belum melaksanakan kewajiban pajaknya,” tambahnya.

Untuk memaksimalkan penerimaan pajak Daerah, BPKD Kota Tangerang rutin melakukan monitoring ke lapangan dan peneguran kepada para pelaku usaha yang belum melaksanakan kewajiban pajaknya.

“Sering kali di lapangan pegawai kami (BPKD-red) menemukan wajib pajak yang nakal, baik wajib pajak yang sudah terdata maupun wajib pajak yang baru,” Tandasnya.

Tatang juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi dan iklim Investasi di Kota Tangerang terus menggeliat.

“Iklim investasi di Kota Tangerang alhamdullilah saat ini sudah mulai stabil lagi. Dibuktikan dengan sudah mulai berjalanya beberapa program pembangunan baik fisik maupun non fisik, yang sempat tertunda saat Pandemi kemarin,” Ungkapnya.

Peran serta masyarakat pelaku usaha sangat berpengaruh, terutama dalam menyukseskan dan mendukung pembangunan Kota Tangerang dengan cara kepatuhan dalam membayar pajak daerah. Sebab menurutnya dengan perolehan hasil pajak Daerah yang meningkat, akan berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang.

“Berbagai cara kami lakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak, seperti dengan cara pemasangan tapping box yang terkoneksi dengan kita (BPKD-red), agar tidak terjadi kebocoran. Selain itu kami juga melakukan pemanggilan kepada pemilik dan wajib pajak reklame yang belum membayarkan pajaknya maupun restoran tidak melaporkan omzet penjualannya, ” pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 124 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kadisdukcapil Kota Tangerang Himbau Pendatang Baru Tertib Administrasi Kependudukan

16 April 2024 - 17:52

Halal Bihalal Pegawai Pemkot Tangerang, Pj. Wali Kota Nurdin: Semangat Baru Dalam Melayani Masyarakat

16 April 2024 - 11:08

Volume Sampah di Kota Tangerang Naik 1.800 Ton Perhari Saat Libur Lebaran

15 April 2024 - 21:41

Cegah Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Himbau Masyarakat Tidak Buang Sampah Ke Sungai

15 April 2024 - 19:24

‘Perang Badar’ di Kota Tangerang Jelang Pilgub Banten 2024 

15 April 2024 - 10:45

Sholat Ied di Masjid Raya Al’Azhom, Pj Wali Kota: Pelayanan Kesehatan Tetap Berjalan

10 April 2024 - 14:40

Trending di Kota Tangerang