Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kota Tangerang · 10 Jan 2023 ·

Langkah Pemkot Tangerang Cegah Banjir, Segera Bangun Sembilan Embung Baru


 Langkah Pemkot Tangerang Cegah Banjir, Segera Bangun Sembilan Embung Baru Perbesar

Kota Tangerang – Sebagai usaha pencegahan terhadap banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun sembilan embung baru yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Sembilan embung tersebut nantinya akan berada di tujuh titik di Kota Tangerang.

“Sebagai bagian dari master plan penanganan banjir di wilayah Kota Tangerang, kami dari Dinas PUPR akan membangun sebanyak sembilan unit embung di tujuh titik di Kota Tangerang. Kita sebelumnya sudah memiliki delapan embung yaitu di Kelurahan Nusa Jaya, Kelurahan Bugel, Cipondoh Makmur, Kampung Darusalam, Embung Larangan, Kelurahan Cipondoh Indah, Kelurahan Pondok Bahar,” ungkap Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono saat ditemui di ruangannya, Senin (09/01/23).

Ia melanjutkan, embung-embung tersebut dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir dan tidak jauh dari saluran air primer maupun sekunder yang ada di Kota Tangerang.

“Embung-embung ini akan dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir di Kota Tangerang, dan lokasinya tidak jauh dari saluran air sekunder dan primer yang terhubung ke sungai ataupun kali. Sehingga, nanti sumber air yang masuk ke embung, kemudian nanti akan dialirkan ke sungai-sungai besar yang ada di Tangerang yaitu sungai Cisadane, Cirarab, dan Angke,” lanjutnya.

Dengan adanya tambahan pembangunan embung ini, diharapkan dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya embung yang baru di 2023 ini, dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air, kapan air harus parkir dulu atau dialirkan, karena Kota Tangerang konturnya relatif datar. Sehingga, pergerakan air dari hulu ke hilir sangat lambat jadi perlu tempat penampungan yang dilengkapi dengan pintu dan pompa,” tutupnya.

Sebagai informasi, sembilan embung yang akan dibangun oleh Pemkot Tangerang yaitu berada di Kelurahan Paninggilan sebanyak dua unit, Embung Bugel, Embung Griya Kencana I dan II, Embung Kali Sabi, Embung Periuk di Jl. M.Toha, Embung Pondok Bahar, dan Embung Sekneg Kelurahan Cikokol. [Red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jadi Daya Tarik Para Investor, Dr. Nurdin: Kota Tangerang Miliki Banyak Keunggulan dan Kemudahan Investasi

25 Juni 2024 - 13:26

Ahmad Amarullah-Fadhlin Akbar Berpotensi Zone Of Possible Agreement Pilkada Kota Tangerang

25 Juni 2024 - 08:52

Apresiasi Kinerja Kelurahan, Pj Wali Kota Nurdin: Jadikan Motivasi untuk Terus Meningkatkan Pelayanan Publik

24 Juni 2024 - 18:55

PPS Kelurahan Karangsari Lantik 78 Petugas Pantarlih Pilkada Kota Tangerang

24 Juni 2024 - 17:02

Bila Gerindra Membuat Poros Baru dengan PSI, Jamaluddin Berpeluang Dipasangkan dengan Turidi Susanto

24 Juni 2024 - 13:06

HANI 2024, Bakal Calon Walikota Tangerang, Helmy Halim: Saatnya Kota Ini Punya Tempat Rehabilitasi

23 Juni 2024 - 23:02

Trending di Kota Tangerang