Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kota Tangerang · 4 Mei 2023 ·

Kota Tangerang Siap Bangun Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Berkapasitas 2.750 Liter/Detik


 Plt. Direktur Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Efendi saat Konsultasi Publik, Rabu, (04/05/2023). Foto: Perumdatb Perbesar

Plt. Direktur Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Efendi saat Konsultasi Publik, Rabu, (04/05/2023). Foto: Perumdatb

Kota Tangerang – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng baru saja menggelar forum konsultasi publik terkait rencana pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) berkapasitas produksi 2.750 liter/detik.

Proyek pengembangan SPAM ini akan malayani masyarakat Kota Tangerang yang berada di Zona 2 (Kecamatan Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, dan Periuk), dan di Zona 3 (Kecamatan Karang Tengah, Pinang, Larangan, dan Ciledug). Forum yang digelar di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang pada siang hari ini diikuti oleh segenap lapisan masyarakat, mulai dari Camat, Lurah, sampai RT/RW di berbagai wilayah yang akan dilalui proyek pengembangan ini.

Plt. Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Doddy Efendy menuturkan, proyek pengembangan SPAM ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang yang terbilang sangat tinggi.

Oleh karenanya, penambahan kapasitas produksi dan penambahan jaringan distribusi dalam skala yang besar menjadi relevan dilakukan. Terlebih, sampai saat ini, Perumda Tirta Benteng hanya mampu memenuhi pelayanan sebesar 19,11 persen dari total kebutuhan seluruh masyarakat Kota Tangerang.

“Ini sangat-sangat penting, karena bagian dari tanggung jawab bersama, bahwa pemerintah (lewat Perumda Tirta Benteng) harus hadir menjawab kebutuhan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya air bersih. Karena saat ini, hanya Zona 1 (Kecamatan Neglasari, Batuceper, Cipondoh, dan Benda) yang baru terlayani, perlu dilakukan perluasan ke wilayah lain, yakni seluruh bagian Kota Tangerang,” ujar Plt. Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Doddy Efendy, Rabu, (03/05/2023).

Ia melanjutkan, proyek pengembangan SPAM ini akan dilakukan dalam bentuk pembangunan infrastruktur fisik yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), meliputi pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA), reservoir, pembangunan jaringan perpiaan distribusi utama, jaringan perpipaan distribusi bagi, dan pipa retikulasi. Nantinya, hasil dari pengembangan SPAM ini akan dijalankan secara business to business (solicited) dengan mekanisme pengembalian investasi melalui Tarif Pembelian Air Curah.

“Nantinya, proyek pengembangan SPAM ini bukan dibangun oleh pemerintah melainkan oleh pihak ketiga (swasta). Sifatnya, pemerintah memberikan izin dan rekomendasi. Mulai dari pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan intake, IPA, reservoir, dan pompa distribusi, yang ini semua bagian dari ruang lingkup kerja sama. Terkait target waktu, kurang lebih 40 hari kedepan, proyek pengembangan ini bisa berjalan,” tambahnya.

Setelahnya, lewat forum konsultasi publik ini, Perumda Tirta Benteng berharap rencana proyek pengembangan SPAM ini mendapat dukungan yang optimal dari masyarakat Kota Tangerang, serta secepatnya dapat terwujud, dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Tangerang secara menyeluruh. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Salurkan 200 Paket Santunan Yatim, Pj Wali Kota Nurdin: Semoga Berkah dan Bermanfaat

16 Juni 2024 - 21:36

Sehari Ahmad Amarullah Silaturahmi Dengan PKS dan PKB, Berikut Tanggapan PKB dan PKS

16 Juni 2024 - 21:00

Siap Gas Pol, Sachrudin Center Dikukuhkan dan Diberi Pembekalan

16 Juni 2024 - 20:07

Silaturahmi ke PWRI, Pj. Wali Kota Nurdin Sampaikan Atensinya Lewat Layanan Kesehatan Terintegrasi bagi Lansia

15 Juni 2024 - 15:16

Buka Festival Perahu Naga, Pj Wali Kota Nurdin : Wisata Budaya Potensial Harus Dilestarikan 

15 Juni 2024 - 15:10

Mengerucut Tiga Kandidat Calon Wali Kota, Lainya Berpotensi Calon Wakil Wali Kota

15 Juni 2024 - 10:13

Trending di Kota Tangerang