Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Banten · 27 Jan 2023 ·

Komite SKHN 01 Kota Tangerang Tagih Janji Pemprov Banten


 Komite SKHN 01 Kota Tangerang Tagih Janji Pemprov Banten Perbesar

Kota Tangerang – Sekolah Khusus Negeri (SKHN) merupakan lembaga Pendidikan yang melayani pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus baik Tunarungu, Tunawicara, Tunagrahita, tunanetra, Tunadaksa serta Autis.

Bahwa dengan adanya SKHN, anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama dalam belajar seperti siswa yang berada di sekolah reguler, hanya saja yang membedakan disarana prasarana kalau di sekolah khusus seperti di depan kelas terdapat jalan untuk disabilitas.

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Dindikbud Banten, pada 2022 yang lalu berjanji akan membangun tiga Sekolah Khusus Negeri (SKHN).

Tiga Sekolah Khusus Negeri tersebut tersebar di tiga Kabupaten dan Kota, yakni Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang dan Kota Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Supandi mengatakan, pembangunan Sekolah Khusus Negeri tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan peserta didik bisa bersekolah di Sekolah Khusus Negeri.

Ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Banten untuk memberikan pendidikan serta sarana dan prasarana yang memadai untuk siswa yang bersekolah di Sekolah Khusus Negeri,” kata Supandi seperti dikutip kabarbanten.pikiran-rakyat.com, di Kota Serang, Kamis (04/11/2021) lalu.

Namun pada kenyataan dilapangan, masih terdapat Sekolah Khusus Negeri (SKHN) 01 Kota Tangerang yang masih menumpang di sebuah Ruko, Jl Veteran No. 2 Kelurahan Sukasari Kecamatan Tangerang Kota Tangerang (Depan Kantor Kejari Kota Tangerang).

” Kami sudah tahun ke-4 masih menumpang di ruko, siswanya ada 38 dan Alhamdulillah IJOP SKHN pun sudah ada walaupun kami masih nginduk ke balaraja,” Ujar Niena Irvina, Sekretaris Komite SKHN 01 Kota Tangerang kepada TangerangPos, Jum’at (27/01/2023).

Menurut Irvina bahwa pada semester satu yang lalu, SKHN 01 mendapat ijin dua ruko dari Kasi SKH dan SMK serta disetujui oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Dindikbud Banten dengan surat dari Kepala Sekolah terdahulu.

“Semua sudah dilakukan tapi kenyataannya kelas anak-anak terus digeser dan akhirnya semester ini hanya satu lokal, ” Tambahnya.

Menurut Irvina bahwa beberapa kali SKHN 01 Kota Tangerang diminta gabung ke SKHN Tangsel tapi komite menolaknya dengan alasan jarak yang terlalu jauh.

“Tidak hanya jauh tapi juga melihat kondisi anak sebagian besar tidak memungkinkan, mereka tinggal di Kota Tangerang hanya naik satu kali angkutan umum bahkan ada yang hanya bisa jalan kaki sampai Sekolah, ” Tukasnya.

Pengakuan komite bahwa Sekolah diminta buat surat pengajuan NPSN ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten tapi hingga tahun ke-4 belum ada tanggapan.

“Padahal itu perlu untuk dapodik murid-murid SKHN 01 Kota Tangerang, dan SKHN sudah tiga tahun tidak menerima murid baru, padahal sudah banyak yg mau sekolah disani,” Tegasnya.

Selaku orang tua sekaligus Komite SKHN 01 Tangerang, Irvina meminta pemerintah Provinsi Banten dapat segera turun tangan menyelesaikan status dan tempat yang layak bagi civitas SKHN 01 Tangerang.

“Besar harapan kami Pemprov Banten segera menunaikan janjinya dan menyelesaikan masalah kami, sehingga anak-anak kami di SKHN 01 Kota Tangerang mendapatkan tempat yang layak untuk belajar dan bercengkrama, ” Pungkasnya.  [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 841 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Andra Soni: Seba Baduy Adalah Tradisi Dalam Menjaga Harmoni

19 Mei 2024 - 07:08

Tokoh Masyarakat dan Pemuda Serang Deklarasi Dukung Andra Soni Maju Pilkada Banten

18 Mei 2024 - 15:50

Al Muktabar Dipastikan Tidak Dapat Mengikuti Pilkada Setelah Dilantik Kembali Jadi Pj. Gubernur Banten

17 Mei 2024 - 10:02

Bela Guru Agama Islam, Jazuli Abdillah Diganjar Penghargaan Tokoh Inspiratif

16 Mei 2024 - 20:44

Pilbup Serang, JSI: Berdasarkan Hasil Survei Kami, Andika Hazrumy Susah Dilawan

15 Mei 2024 - 19:35

Gerindra Siapkan Andra Soni Maju Pilkada Banten 2024, Ketua Bappilu: Inisiatif Kolektif Kader dan Pengurus Terus Bergerak

14 Mei 2024 - 14:33

Trending di Banten