Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kabupaten Tangerang · 24 Mei 2023 ·

Kolaborasi Atasi Stunting, Bupati Zaki Luncurkan Pos Gizi, DASHAT dan Gemar Makan Ikan


 Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar meluncurkan Pos Gizi, Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan Gemar Makan Ikan  di Desa Kadu Kecamatan Curug, Rabu (24/05/23). Foto: istimewa Perbesar

Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar meluncurkan Pos Gizi, Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan Gemar Makan Ikan di Desa Kadu Kecamatan Curug, Rabu (24/05/23). Foto: istimewa

Kabupaten Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar meluncurkan Pos Gizi, Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan Gemar Makan Ikan dalam rangka mempercepat pencegahan dan penurunan stunting di Desa Kadu Kecamatan Curug, Rabu (24/05/23).

Bupati Zaki mengatakan bahwa DASHAT dan Gemar Makan Ikan adalah kolaborasi berbagai OPD, stakeholder dan instansi terkait. Selain Program DASHAT, Pemkab Tangerang juga meluncurkan berbagai macam program untuk mencegah dan menurunkan stunting seperti: Pos Gizi dan Gemar Makan Ikan.

“Alhamdulillah, hari ini launching Pos Gizi, DASHAT, Gemar Makan ikan, program kolaborasi pencegahan stunting di Kabupaten Tangerang melalui asupan gizi yang cukup, sehat dan berimbang baik untuk anak balita, ibu hamil dan bayi baru dilahirkan,” ungkap Bupati Zaki.

Bupati berharap program kolaborasi tersebut berjalan di semua kecamatan dan desa di Kabupaten Tangerang, terutama desa dan kecamatan yang masih memiliki tingkat kerawanan gizi buruk dan stunting. Menurut dia, selain pencegahan, kolaborasi seluruh elemen juga sangat menentukan keberhasilan mengatasi stunting.

“Pencegahan ini bisa dimulai dari anak-anak usia remaja, SMP dan SMA yang perlu diperhatikan gizinya. Setelah itu juga persiapan pasangan calon pengantin perlu dilakukan, cek kesehatan dan diberikan penyuluhan agar mereka tahu apa yang terjadi pada kesehatan dan tubuh mereka masing-masing,” katanya.

Sosialisasi dan pencegahan stunting khususnya bagi pasangan calon pengantin harus terus dioptimalkan sehingga masyarakat mengetahui dan paham berbagai dampak yang ditimbulkan stunting.

“Informasi tersebut adalah yang harus disebarluaskan Kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tangerang agar masyarakat bisa paham, bagaimana proses pencegahan stunting di masa-masa yang akan datang. Tidak perlu mahal untuk mendapatkan makanan yang bergizi, semua harganya masih bisa terjangkau oleh masyarakat seperti protein hewani dari lele telur dan lain sebagainya,” tandanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Banten, Rusman Efendi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan penurunan stunting dari tahun 2021 dan 2022 dengan mengolaborasikan seluruh stakeholder.

“Di Provinsi Banten ini, baru Pemerintah Kabupaten Tangerang yang melakukan program kolaborasi pencegahan stunting. Ini perlu diapresiasi dan diharapkan kegiatan di Kabupaten Tangerang ini bisa menular ke kabupaten kota lainnya di Provinsi Banten,” ucapnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Kepala DPPKB Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi. Menurutnya, pencegahan stunting tidak bisa dilakukan secara parsial, pencegahan stunting harus dilakukan secara kolaborasi antar OPD dan juga seluruh stakeholder terkait.

“Kami berharap dengan kolaborasi nyata ini, angka stunting di Kabupaten Tangerang ke depan bisa semakin turun,” ungkap Hendra. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Buka Junior League, Sekda Maesyal Rasyid: Mencari Bibit Unggul Sepakbola

24 Juni 2024 - 20:18

Apresiasi Bapenda, Pj Bupati Andi Ony: Kabupaten Tangerang Masuk Tiga Besar Pendapatan Pajak Tertinggi

22 Juni 2024 - 07:02

Kembali Raih Paritrana Award, Pj Bupati Andi Ony: Memacu Kolaborasi Perlindungan Para Pekerja Rentan

21 Juni 2024 - 21:26

Wujudkan Cisadane Bebas Sampah 2045, KOICA Pasang Barikade Penghalau Sampah di Area Banksasuci

21 Juni 2024 - 14:13

Pj Bupati Tangerang Buka Acara Gelar Inovasi dan Teknologi Pertanian Tepat Guna

20 Juni 2024 - 15:05

Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa Naik Dari Tahap Penyelidikan Ketahap Penyidikan

20 Juni 2024 - 14:36

Trending di Kabupaten Tangerang