Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Banten · 5 Jun 2024 ·

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Tangerang: Saya Tidak Rekomendasikan Pemindahan RKUD


 Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Tangerang, H. Tasril Jamal, SE. Foto: ist Perbesar

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Tangerang, H. Tasril Jamal, SE. Foto: ist

Kota Tangerang – Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Tangerang, Tasril Jamal menolak pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkot Tangerang ke Bank Banten. Ia menilai Bank Banten saat ini tidak sehat.

“Saya sangat tidak mendukung. Karena apa, dari OJK jelas bahwa pemindahan rekening ke bank Banten, artinya kalau dari OJK tidak ada secara resmi memberikan kriteria bank tersebut layak atau tidak layak. Ini ngeri,” ujar Tasril kepada wartawan, Selasa (04/06).

Bank Banten saat ini dalam kondisi yang belum menguntungkan dan harga sahamnya pun masih 20 perak, menurut dia.

“Artinya, kinerjanya tidak bagus dan kita masuk kepada bank yang tidak sehat, saya tidak merekomendasikan itu. Kecuali bank-nya sehat,” tegas Tasril.

Ia juga melihat jaringan bank Banten saat ini belum bisa melayani secara luas. Untuk itu dirinya akan membawa soal ini ke DPRD untuk dibahas secara lanjut.

“Kami menolak dan tidak akan merekomendasikan. Kita akan bahas bersama pimpinan,” imbuh Tasril yang juga anggota Banggar DPRD Kota Tangerang.

Meskipun kata dia lagi, saat ini ada ketentuan dari Kemendagri, namun pihaknya sudah memiliki jawaban yang kuat.

“Karena di Kemendagri menjelaskan jika bank tersebut sehat. Saya melihat bank ini (bank Banten) tidak sehat, dan dari awal juga saya melihat pembelian bank ini memang bobrok,” kata dia.

Lebih lanjut, Sekretaris DPC PKB Kota Tangerang ini mengatakan, suatu daerah (kota/kabupaten) bisa menolak pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke bank Banten.

Karena, menurutnya akan sangat beresiko ketika suatu daerah menaruh uangnya di bank yang tidak sehat. “Bisa kacau balau kalau kita menarik tapi tidak ada uangnya,” cetus dia.

“Boleh (menolak) tidak ada aturanya ikut. Ok ada surat dari Kemendagri tapi kan tidak ada klausal menjelaskan, bank itu sehat, bank itu lolos verifikasi OJK, bank itu mempunyai keuntungan dan mempunyai jaringan yang sangat luas dan kuat,” paparnya.

“Ini akan dibawa ke rapat DPRD, dan saya tetap akan mempertahankan tidak ikut (menolak). Karena jelas laporan keuangan (bank Banten) saya melihat kinerjanya tidak bagus, merugi, jaringan tidak kuat dan manejemen bank belum bisa mensupport,” tegas Tasril menutup.

Pemerintah Provinsi Banten terus mendorong agar Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Bank Banten, menyusul Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 900.1.13.2/1736/SJ, tanggal 17 April 2024 perihal Penempatan RKUD pada BPD Banten (Perseroda) Tbk. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gerindra Kota Tangsel Optimis Kader Prabowo Andra Soni Menang Pilkada Banten 2024

15 Juni 2024 - 22:43

Pilgub Banten 2024, Gerindra Kabupaten Tangerang Bertekad Menangkan Andra Soni

15 Juni 2024 - 20:07

Tampung Aspirasi, Andra Soni ‘Ngeliwet’ Bareng Petani

14 Juni 2024 - 14:46

Rapat Konsolidasi Gerindra Kota Tangerang, Andra Soni: Gerindra Usung Kader Internal Untuk Pilkada

10 Juni 2024 - 11:49

Opening Ceremony POPDA XI Banten di Kota Tangerang Berlangsung Meriah

8 Juni 2024 - 22:20

Hadiri Rapat Konsolidasi JMSI Banten, Andra Soni: Media Banyak Memberikan Masukan Dalam Evaluasi Pembangunan

8 Juni 2024 - 20:33

Trending di Banten