Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kota Tangerang Selatan · 4 Agu 2023 ·

Kasus ISPA di Tangsel, Aktivis Lingkungan: Pemkot Harus Tegas, Jangan Ada Korban Lagi


 Aktivitas Pembakaran Sampah di Bantaran Sungai Cisadane, Kp. Baru Serpong Utara Kota Tangerang Selatan. Foto: Anen Perbesar

Aktivitas Pembakaran Sampah di Bantaran Sungai Cisadane, Kp. Baru Serpong Utara Kota Tangerang Selatan. Foto: Anen

Kota Tangsel – Menyikapi kasus Raya (8), warga Pamulang Kota Tangerang Selatan yang harus dirawat di rumah sakit karena mengidap infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang diduga disebabkan oleh pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga sekitar rumahnya.

Aktivis Lingkungan Hidup, Ade Yunus meminta Pemkot Tangerang Selatan melalui DLH Kota Tangsel untuk terus gencar sosialisasikan larangan membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis pengelolaan sampah.

“Perilaku membakar sampah tidak saja berbahaya bagi kesehatan individu, tetapi juga lingkungan. Untuk itulah, Sosialisasi Undang-Undang nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda Kota Tangsel Nomor 13 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah harus terus digencarkan, ” Ujarnya.

Menurut Ketua Banksasuci Foundation tersebut Pemerintah Kota Tangsel juga harus tegas agar kasus Raya tidak terulang kembali, dimana dalam aturan tersebut dijelaskan bagi siapa saja yang membakar sampah sembarangan dapat dikenakan pidana atau denda.

“Sanksi Pidana atau denda itu tujuannya adalah untuk memberikan efek jera bagi pelaku pembakaran sampah dan menjaga lingkungan tetap sehat dan nyaman,” Tambahnya.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan pihaknya telah melakukan tindakan terkait adanya pembakaran sampah di wilayah tersebut. Pihaknya telah melakukan penghentian pembakaran sampah yang ada.

“Pembakaran sampah atau puingnya sudah disetop dari kemarin-kemarin, bersama DLH, Satpol PP, Dinkes, dan dari polsek,” ujar Benyamin, Rabu (2/8/2023).

Ke depannya, Pemkot akan melakukan pengawasan di lokasi pembakaran sampah tersebut. Hal itu dilakukan agar tidak ada lagi kegiatan pembakaran sampah.

“Dilakukan monitoring dan pengawasan oleh seksi tramtib kecamatan setempat,” Tukasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bersama LAZ Griya Yatim dan Dhuafa, Pilar Serahkan 1000 Paket Sembako

5 April 2024 - 20:51

Pemkot Tangsel Berikan Bantuan Biaya Pendidikan untuk Jenjang Perguruan Tinggi

4 April 2024 - 20:24

Sasa Bakal Jadi Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan Termuda

3 April 2024 - 11:22

Tutup Kampoeng Ramadan 2024, Pilar Sebut Manfaat Zona Muamalah di MRBJ Luar Biasa

1 April 2024 - 20:51

Gelar Musrenbang RKPD, Ini Prioritas Pembangunan Pemkot Tangsel di 2025

1 April 2024 - 13:09

Malam Nuzulul Qur’an, Benyamin: Al-Qur’an Harus Jadi Pembimbing Kehidupan

28 Maret 2024 - 23:36

Trending di Kota Tangerang Selatan