Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Kabupaten Tangerang · 24 Jul 2023 ·

Kabupaten Tangerang Jadi Tuan Rumah Event Internasional Workshop UCLG Asia Pasifik


 Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar. Foto: Istimewa Perbesar

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar. Foto: Istimewa

Kabupaten Tangerang – Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Workshop United Cities and Local Government Asia Pasific (UCLG ASPAC) di Ballroom Hotel Atria Gading Serpong Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Senin, (24/7/23).

Dalam sambutannya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Workshop UCLG ASPAC di Kabupaten Tangerang dihadiri beberapa negara, di antaranya: Nepal, Bangladesh, dan Vietnam. Sementara Indonesia diwakili oleh Kabupaten Tangerang yang juga sebagai menjadi tuan rumah. Beberapa daerah di Indonesia lainnya juga ikut serta.

“Ajang ini dijadikan bertukar pengalaman, bertukar informasi dan juga bertukar pengetahuan terkait permasalahan sanitasi, dan kawasan padat, kumuh dan miskin yang ada di negara-negara Asia Pasifik,” jelas Bupati Zaki.

Menurut Bupati, kegiatan tersebut sangat penting khususnya para anggota UCLG untuk tukar pengalaman, gagasan dan solusi penanganan kawasan padat, kumuh dan miskin.

“Pertemuan ini sangat penting dan sangat baik untuk member-member dari UCLG agar bisa berbagi pengalaman bertukar Gagasan dan pengetahuan serta bertukar informasi terkait dengan bagaimana daerah dan negara-negara tersebut mengatasi hal-hal tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan kegiatan workshop tersebut diikuti oleh 4 negara dan anggota UCLG yang dari Indonesia seperti Kota Banjarmasin, Kota Bogor, Kota Metro Lampung dan Kab. Magelang selain Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah.

Sekjen UCLG ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, peran pemerintah daerah dalam pembangunan sangat besar dan terbukti menjadi kunci kemajuan suatu negara. Karena itu, United Cities and Local Governments atau UCLG hadir sebagai bagian asosiasi organisasi pemerintah daerah (Pemda) yang diakui oleh PBB.

“Salah satu kontribusi strategis dari UCLG ASPAC antara lain melalui pengembangan kapasitas dan keahlian dari pemerintah daerah, advokasi kebijakan, penelitian, dan lain-lain. Selain itu juga terlibat dalam mengelola proyek-proyek strategis yang mengacu kepada agenda global, seperti perubahan iklim, manajemen pengelolaan sanitasi dan sampah, pelokalan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) termasuk manajemen pengetahuan,” jelas Bernadia.

Menurut dia, UCLG memiliki regional section yang menjadi identitas mandiri, yakni UCLG ASPAC. Wilayah kerja UCLG ASPAC mencakup pemerintah daerah di negara-negara di kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia yang tujuannya mengakselerasi pembangunan berkelanjutan melalui kerjasama yang efektif dengan pemerintah daerah.

“UCLG ASPAC adalah persatuan pemerintah daerah di wilayah Asia-Pasifik. Kami mempromosikan dan mendorong terjadinya kerja sama antara pemerintah daerah dan komunitas internasional yang lebih luas di kawasan ini,” tuturnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemuda Cituis Peduli Pakuhaji Tangerang, Dukung Pencalonan Andra Soni Maju Pilgub Banten

15 April 2024 - 17:07

Pilkada Kabupaten Tangerang, Intan Nurul Hikmah Berpotensi Gaet Suara Perempuan

7 April 2024 - 12:52

Pilbup Tangerang, Selain Mad Romli Golkar Juga Memberikan Penugasan Kepada Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah

7 April 2024 - 07:19

Kosambi Ramadan Fest 2024, Sekda Maesyal Rasyid: Momentum Kepedulian Terhadap Sesama

4 April 2024 - 22:10

Sekda Maesyal Rasyid: Tim Pendamping Keluarga Jadi Kunci Percepatan Penurunan Stunting

3 April 2024 - 18:55

Pemuda Cituis Peduli Dukung Kejaksaan Usut Tuntas Dugaan Kasus Korupsi Pembangunan Breakwater di Pelabuhan Cituis

1 April 2024 - 21:37

Trending di Banten