Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Banten · 2 Jun 2023 ·

Jelang Waisak, Ratusan Umat Buddha Ritual Fang Shen di Banksasuci Gading Serpong


 Umat Buddha saat melakukan Ritual Fang Shen di Saung Banksasuci Cihuni Gading Serpong Tangerang. Foto: istimewa Perbesar

Umat Buddha saat melakukan Ritual Fang Shen di Saung Banksasuci Cihuni Gading Serpong Tangerang. Foto: istimewa

Kabupaten Tangerang – Menjelang peringatan hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023, umat Buddha sudah mulai melaksanakan beberapa kegiatan ritual seperti bersih-bersih Vihara, Fangshen, Pindapata, dan Sepekan Penghayatan Dhamma.

Salah satu ritual yang dilaksanakan oleh umat buddha adalah melepasliarkan mahluk hidup atau Fang Shen yang bertujuan untuk mengembalikan mahluk hidup kepada habitatnya masing-masing.

Saung Banksasuci Cihuni yang berada di bilangan Gading Serpong Kabupaten Tangerang menjadi salah satu tempat favorit dilaksanakanya ritual Fang Shen karena selain tempatnya nyaman dan teduh juga baik secara Fengshui.

“Sejak kemarin hingga tanggal 10 Juni mendatang sudah banyak yang konfirmasi dan kita telah jadwalkan kegiatan Fang Shen di Banksasuci, baik dari Vihara, Komunitas, Kampus bahkan keluarga,” tutur Rudi salah seorang Pengurus Banksasuci Cihuni, Jum’at (02/06/2023).

Agar umat Buddha merasa nyaman saat melakukan ritual Fang Shen Menurut Rudi pihak Banksasuci Cihuni juga menyediakan sejumlah Fasilitas.

“Kebetulan kita ada saung besar untuk istrahat dan berdo’a, lalu ada seluncuran untuk memudahkan pelepasliaran ikan maupun kura-kura, bila umat ingin melepaskan di tengah sungai, kita sediakan juga perahu,” tambahnya.

Untuk diketahui bahwa Banksasuci Cihuni Gading Serpong merupakan Komunitas dan kawasan konservasi dalam menjaga pelestarian sungai Cisadane termasuk menjaga habitat mahluk hidup didalamnya.

Ritual Fang Shen di Banksasuci Cihuni Gading Serpong tidak dikenakan biaya apapun, adapun bagi masyarakat yang ingin mendukung kegiatan konservasi sungai Cisadane, pihak Banksasuci sediakan kotak donasi.

“Tidak ada biaya, kalau mau donasi untuk mendukung pelestarian sungai tentu dipersilahkan,” Pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 211 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dihadapan Panelis PKB, Jazuli Abdillah Tawarkan Solusi Atasi Masalah Kota Tangerang

19 Mei 2024 - 17:13

Waduh! Rektor UMT Ahmad Amarullah Akan Buat Taman Asmara?

19 Mei 2024 - 12:05

Erlangga Yudha Nugraha Kembali Paparkan Musrenbang Khusus Pemuda di Penjaringan PKB

19 Mei 2024 - 11:18

Andra Soni: Seba Baduy Adalah Tradisi Dalam Menjaga Harmoni

19 Mei 2024 - 07:08

Pj Wali Kota Nurdin Ajak 3.000 Pekerja Upgrade Diri dan Dukung Kemajuan Kota

18 Mei 2024 - 20:52

Tokoh Masyarakat dan Pemuda Serang Deklarasi Dukung Andra Soni Maju Pilkada Banten

18 Mei 2024 - 15:50

Trending di Banten