Menu

Mode Gelap
Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten

Edukasi · 18 Des 2022 ·

Inovatif, Dindik Kota Tangerang Launching E-Raport Kurikulum Merdeka


 Inovatif, Dindik Kota Tangerang Launching E-Raport Kurikulum Merdeka Perbesar

Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang terus menghadirkan program-program untuk membantu guru, murid dan orang tua, salah satunya yakni melaunching aplikasi E-Raport Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) secara zoom meeting, pada Selasa (13/12/22). Pembuatan E-Raport tersebut merupakan kolaborasi yang melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dan langsung direview oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin menjelaskan bahwa E-Raport Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memudahkan orang tua dalam mengakses hasil nilai sekolah anak per semester, serta memudahkan bapak dan ibu guru dalam menginput data atau nilai yang sudah dihasilkan oleh para murid kurang lebih dalam satu semester. Dengan begitu memudahkan kaitannya dengan angka, deskripsi dan sebagainya.

“Alhamdulillah E-Raport Kurikulum Merdeka ini sudah dapat digunakan oleh para guru dan orang tua secara online. Dan E-Raport Kurikulum Merdeka ini adalah E-Raport pertama yang dibuat oleh kabupaten/kota se-Indonesia dan ini merupakan bagian dari digitalisasi pendidikan. Insha Allah secara bertahap kita terus melangkah untuk mendigitalisasi pendidikan di Kota Tangerang,” jelas Jamaluddin.

Diketahui E-Raport Kurikulum Merdeka ini digunakan oleh sekolah penggerak yang saat ini ada 75 sekolah dari seluruh jenjang dan sekolah penyelenggara implementasi kurikulum merdeka mandiri berubah atau berbagi yang saat ini sudah mencapai 86% sekolah.

“Untuk mengakomodir penilaian dalam pembelajaran berdeferensiasi ini maka E-Raport Kurikulum Merdeka dibagi menjadi tiga tipe yaitu untuk siswa berkebutuhan khusus atau sekolah berkarakteristik, untuk siswa dengan capaian pembelajaran bertahap, dan untuk siswa dengan capaian pembelajaran langsung,” lanjut Jamaluddin.

Jamaluddin berharap dengan adanya E-Raport ini dapat meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kualitas pembelajaran yang semakin meningkat dan juga berdaya saing. “Kedepannya semoga kita dapat mengembangkan aplikasi E-Raport untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).” Harapnya.

Setelah melaunching E-Raport, Dinas Pendidikan Kota Tangerang sekaligus menggelar webinar dengan tema “E-Raport Sebagai Bagian Dari Digitalisasi Dalam Pendidikan” dengan narasumber dari BPMP yakni Dr. Raden Ahmad Hadian AP., M.Pd.

“Webinar tersebut untuk penguatan kepada para guru dan kepala sekolah terkait dengan E-Raport kurikulum merdeka, dan dilakukan juga sosialisasi terakit dengan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” tutup Jamaluddin. (Ris)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dihadapan Panelis PKB, Jazuli Abdillah Tawarkan Solusi Atasi Masalah Kota Tangerang

19 Mei 2024 - 17:13

Waduh! Rektor UMT Ahmad Amarullah Akan Buat Taman Asmara?

19 Mei 2024 - 12:05

Erlangga Yudha Nugraha Kembali Paparkan Musrenbang Khusus Pemuda di Penjaringan PKB

19 Mei 2024 - 11:18

Pj Wali Kota Nurdin Ajak 3.000 Pekerja Upgrade Diri dan Dukung Kemajuan Kota

18 Mei 2024 - 20:52

Wujudkan Kenyamanan Sekitar Pasar Anyar, Pj Wali Kota Minta Segera Tertibkan PKL 

17 Mei 2024 - 18:45

Jalan Braga Kota Bandung Sudah Bebas Kendaraan, Jalan Kisamaun Kota Tangerang Kapan Yah?

17 Mei 2024 - 04:38

Trending di Kota Tangerang