Menu

Mode Gelap
Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten Walikota Benyamin Hadir Bersama UAS Pada Gebyar Al-Kautsar

Banten · 17 Jun 2023 ·

Inilah Pejabat Pemprov Banten Yang Berpotensi Mengisi Jabatan Penjabat Bupati atau Walikota


 Inilah Daftar Pejabat Pemprov Banten Yang Berpotensi Menjadi Penjabat Bupati / Wali Kota. Foto: Istimewa Perbesar

Inilah Daftar Pejabat Pemprov Banten Yang Berpotensi Menjadi Penjabat Bupati / Wali Kota. Foto: Istimewa

TangerangPos – Seperti diketahui Bahwa Pada Tahun 2023 Sejumlah Kepala Daerah di wilayah Provinsi Banten akan berakhir masa jabatanya, diantaranya adalah Bupati Lebak, Bupati Tangerang, Wali Kota Serang dan Wali Kota Tangerang. 

Berdasarkan Pasal 210 ayat (11) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada mengatur syarat utama Penjabat Bupati dan Wali Kota harus pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) ketentuan tentang jabatan.

(11) Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota, diangkat penjabat Bupati/Walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan Bupati, dan Walikota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pimpinan tinggi diatur dalam Pasal 19 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam penjelasan, Pasal 19 ayat (1) Huruf c, yang dimaksud dengan ”jabatan pimpinan tinggi pratama” diantaranya meliputi: Sekretaris daerah kabupaten/kota, kepala dinas/kepala badan provinsi dan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Berikut Daftar Pejabat Pemerintah Provinsi Banten yang berpotensi akan mengisi jabatan Penjabat Bupati / Wali kota ;

1. Hj. Virgojanti ( Berpotensi Pj. Bupati Lebak ) 

Hj. Virgojanti saat ini menjabat sebagai Plh. Sekda Provinsi Banten sekaligus Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten.

Sebelum berkarier di Pemprov Banten, di usia 37 Tahun Virgo menjadi pejabat eselon II di Pemkab Lebak sebagai Kepala Dinas Koperasi pada Tahun 2007, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Virgo juga pernah duduk sebagai Asda III Pemkab Lebak dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, kemudian Bappeda Litbang dan Direktur RS satu tahun setengah.

Virgo juga pernah dipercaya Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya sebagai Pj Sekda Lebak pada 2021 lalu.

2. H. Deden Apriandhi Hartawan (Berpotensi Pj. Bupati Tangerang) 

Mengawali karier birokrasinya Deden pernah menjabat sebagai Kasie Penyaluran Minat dan Bakat Pemuda Pada Dinas Pemuda dannOlahraga Provinsi Banten pada Tahun 2008.

Kemudian pada Tahun 2013 menjabat Kabid Sosial Budaya dan Kemasyarakatan di Badan Penelitian dan Pengembangan, sebelum akhirnya menjabat Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol pada tahun 2015.

Deden kemudian naik pangkat Esselon II saat menjabat Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten Tahun 2017.

Pria yang meraih penghargaan dari Presiden RI dengan atas Satyalancana Karya Satya 20 Tahun. Saat ini menjabat Sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Banten sekaligus Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Banten.

3. H.E.A. Deni Hermawan ( Berpotensi Menjadi Pj. Wali Kota Serang) 

Deni Hermawan secara definitif saat ini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Pemprov Banten, namun Deni juga diberi tugas tambahan oleh Pj. Gubernur Banten Al Muktabar sebagai Plt. Kepala Bapenda Provinsi Banten menggantikan Opar Sochari yang memasuki masa Pensiun.

Sebelum menjabat Asda 3 Pemprov Banten, Deni merupakan Sekretaris DPRD Provinsi Banten sebelum akhirnya digantikan oleh Deden Apriandhi.

Deni dikenal Birokrat yang loyal serta dekat dengan berbagai kalangan tokoh pergerakan, baik Mahasiswa, Aktivis, ormas, LSM serta sejumlah wartawan.

4. H. Nana Supiana ( Berpotensi Menjadi Pj. Wali Kota Tangerang ) 

Nana Supiana saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten menggantikan Komarudin.

Ketua Paguyuban Pasundan Wilayah Banten tersebut pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Nana memiliki pengalaman karir birokrasi yang cukup panjang di Pemerintahan Kota Tangerang sebelum akhirnya Pada bulan Desember Tahun 2020 Nana Supiana dilantik Gubernur Banten Wahidin Halim sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Banten di Rumah Dinas Gubernur.

[red]

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 487 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj.Gubernur Banten Penuhi Panggilan Bawaslu, Pelapor: Apresiasi dan Percayakan Sepenuhnya Kepada Bawaslu

26 Februari 2024 - 23:02

Menang Telak di Banten, Relawan Sujud Syukur di Rumah Kemenangan Prabowo-Gibran Provinsi Banten

14 Februari 2024 - 19:09

Diduga Berpose ‘Terlarang’ Warga Laporkan Pj. Gubernur Banten, Bawaslu: Ada Laporan Tapi Belum Baca Detilnya

13 Februari 2024 - 08:12

Tidak Diundang Dalam FKP RPJPD, HMI Cabang Pandeglang Kecam Klaim Undangan Sekda Kabupaten Pandeglang

8 Februari 2024 - 17:14

Survei: 69,1 % Gen Z di Provinsi Banten Pilih Prabowo-Gibran

7 Februari 2024 - 22:02

Soal Postingan IG Pemprov Banten, Bawaslu Banten Minta Keterangan Pelapor

7 Februari 2024 - 20:36

Trending di Banten