Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Banten · 20 Feb 2023 ·

Hari Peduli Sampah Nasional, Banksasuci Gelar ‘Jambore Bebersih Cisadane’


 Peserta yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa sangat antusias bersihkan sampah di Sungai Cisadane pada giat 'Jambore Bebersih Cisadane' yang diselenggarakan oleh Banksasuci Foundation dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023. Foto: Tangerangpos Perbesar

Peserta yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa sangat antusias bersihkan sampah di Sungai Cisadane pada giat 'Jambore Bebersih Cisadane' yang diselenggarakan oleh Banksasuci Foundation dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023. Foto: Tangerangpos

Tangerang – Setiap tanggal 21 Februari secara nasional diperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sebagai konstelasi perjalanan panjang sistem pengelolaan sampah di Indonesia.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada Tahun 2023 menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah kaca.

Peristiwa pada masa lampau di TPA Leuwigajah, tidak hanya berimplikasi pada shifting perhatian dan fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi, namun dampak yang lebih besar terjadi terhadap lingkungan dan ekosistem kehidupan global yaitu perubahan iklim.

Seperti diketahui bahwa tema HPSN Tahun 2023 kali ini adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Sebagai bentuk kontribusi aktif mendukung program pemerintah, lembaga yang concern dalam menjaga dan melestarikan Sungai Cisadane, Banksasuci Foundation selenggarakan ‘Jambore Bebersih Cisadane’ yang diselenggarakan sejak tanggal 19 hingga 26 Februari mendatang.

“Penanganan sampah adalah tentang kesadaran tanggung jawab bersama, bukan sekedar tentang membersihkan sampah, namun juga menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui edukasi, hari ini dibersihkan besoknya masih ada yang buang sembarangan, maka gak akan selesai, oleh karenanya kita memulai dengan Komunikasi Perubahan Perilaku melalui implementasi lapangan,” tegas Ketua Banksasuci Foundation Ade Yunus.

Pria yang biasa disapa Kang Aye tersebut menjelaskan bahwa Kunci kesuksesan program penanganan sampah adalah kolaborasi seluruh stakeholder terkait dan tidak berjalan masing-masing.

“Kami menyebutnya Skema Pentahelix, semua stakeholders memiliki peran masing-masing, namun saling terintegrasi dan dilakukan secara berkesinambungan, sehingga program dapat berjalan secara simultan dan berkesinambungan,” tambahnya.

Terkait dengan kegiatan ‘Jambore Bebersih Cisadane’ Ade menjelaskan  bahwa kegiatan sudah berlangsung sejak kemarin (19/02) yang dimulai dengan kegiatan edukasi, selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan lapangan berupa Bebersih Cisadane, yang fokus pada sampah di Bantaran dan yang menyangkut di Pohon.

“Sasaran bebersih kita kali ini adalah selain sampah di sungai juga sampah yang ada di Bantaran dan sampah yang nyangkut di Pepohonan tepi Sungai Cisadane,” Ungkapnya.

Sampah yang berhasil dikumpulkan nanti akan ditimbang pada akhir kegiatan pada tanggal 26 Februari mendatang, sampah yang memiliki nilai ekomomis nanti akan ditukar rupiah dan sampah organik akan dijadikan Pupuk.

“Sampah yang dikumpulkan sebisa mungkin tidak ada yang dibawa ke TPA karena semuanya memiliki nilai ekonomis termasuk sampah organik yang bisa dijadikan pupuk, ” Pungkasnya. [red]

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jadi Daya Tarik Para Investor, Dr. Nurdin: Kota Tangerang Miliki Banyak Keunggulan dan Kemudahan Investasi

25 Juni 2024 - 13:26

Ahmad Amarullah-Fadhlin Akbar Berpotensi Zone Of Possible Agreement Pilkada Kota Tangerang

25 Juni 2024 - 08:52

Waduh! Sampah dari Tangerang Dibuang ‘Sembarangan’ di Bogor

25 Juni 2024 - 05:47

Peran Penting Kader Posyandu, Pemkot Tangsel Naikkan Insentif

24 Juni 2024 - 23:49

Buka Junior League, Sekda Maesyal Rasyid: Mencari Bibit Unggul Sepakbola

24 Juni 2024 - 20:18

Apresiasi Kinerja Kelurahan, Pj Wali Kota Nurdin: Jadikan Motivasi untuk Terus Meningkatkan Pelayanan Publik

24 Juni 2024 - 18:55

Trending di Kota Tangerang