Menu

Mode Gelap
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Posko dan Nakes pada POPDA XI Banten Besok, Jembatan Pintu Air 10 Ditutup Sementara, Berikut Jalur Alternatifnya! Dukungan Masyarakat Menguat, Bermunculan Baliho ‘Sekda Jadi Bupati Tangerang’ Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng

Kabupaten Tangerang · 21 Jun 2023 ·

DPKP Pastikan Keamanan dan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha


 Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno saat turut monitor pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Foto: istimewa Perbesar

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno saat turut monitor pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Foto: istimewa

Kabupaten Tangerang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang meninjau lapak penjualan hewan kurban di kawasan Bencongan, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (21/6/23). Peninjauan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno, mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan untuk memeriksa dan memastikan kondisi hewan kurban yang akan dijual oleh para pedagang memenuhi standar keamanan dan kesehatan yang telah ditentukan.

“Dari sekian ratus hewan sapi dan kambing yang kami pemeriksa hari ini, Alhamdulillah semuanya dalam keadaan sehat sehingga layak dijadikan hewan kurban dan menghasilkan daging hewan kurban yg Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” ungkap Asep.

Ia menuturkan hasil pemeriksaan hewan kurban tersebut juga ditandai dengan pemberian tanda sehat  dan juga pemasangan stiker pada lapak-lapak penjual hewan kurban untuk memberikan rasa aman pada masyarakat yang akan membeli hewan kurban.

“Hewan-hewan yang diperiksa ini sudah memiliki ear tag yang berisi profil ternak  dan riwayat vaksinasi yang terintegrasi  pada aplikasi IDENTIK PKH Kementerian Pertanian.

“Jika ditemukan hewan yang bergejala, hewan tersebut harus diisolasi atau diamankan,” kata Asep

Diketahui, ada 100 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban yang disebar ke sejumlah titik di Kabupaten Tangerang. Petugas tersebut terdiri dari dari dokter hewan, PPL dan fungsional lainnya.

“Pemeriksaan ini akan terus kami lakukan sampai tanggal 28 Juni 2023. Selanjutnya, para petugas akan melakukan pengawasan pada tempat-tempat pemotongan hewan kurban untuk memastikan kelayakan hewan kurban yang disembelih sehingga bisa dikonsumsi masyarakat,” pungkasnya. [red]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Tangerang: Akses Tol Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat dan Meningkatkan Investasi

10 Juli 2024 - 20:41

Apel Terakhir Maesyal Rasyid sebagai Sekda Diwarnai Tangis Haru Pegawai Pemkab Tangerang

8 Juli 2024 - 11:56

Pj Bupati Andi Ony Harap Topi Bambu Tembus UNESCO Creative Cities Network

7 Juli 2024 - 23:31

Pj Bupati Andi Ony Hadiri Pembukaan Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024

4 Juli 2024 - 22:11

TP PKK Kabupaten Tangerang Bina Wilayah di Desa Sindang Jaya

2 Juli 2024 - 23:18

Hadiri Peparpeda VIII Banten, Pj Bupati Tangerang Andi Ony Kirim Atlet Terbaik

2 Juli 2024 - 23:04

Trending di Kabupaten Tangerang