Menu

Mode Gelap
Komisi II DPRD Minta RSUD Panbar dan RSUD Jubar Segera Beroperasi Anggota DPRD Banten Ade Hidayat Minta Pemprov Banten Percepat Pengoperasian RSUD Cilograng Walikota Tangsel Pimpin Apel Operasi Keselamatan Jaya Daftar Kenaikan Harga BBM Di Wilayah Banten Walikota Benyamin Hadir Bersama UAS Pada Gebyar Al-Kautsar

Kabupaten Tangerang · 15 Mei 2023 ·

DBMSDA Kabupaten Tangerang Normalisasi 5 Titik Saluran Pembuang akibat Sedimentasi


 Normalisasi di lima titik Saluran Pembuang untuk mengantisipasi banjir di Kecamatan Cikupa dan Kecamatan Sindang Jaya. Foto: Istimewa Perbesar

Normalisasi di lima titik Saluran Pembuang untuk mengantisipasi banjir di Kecamatan Cikupa dan Kecamatan Sindang Jaya. Foto: Istimewa

Kabupaten Tangerang – UPTD Sumber Daya Air (SDA) Wilayah 7 Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang melakukan normalisasi di lima titik Saluran Pembuang untuk mengantisipasi banjir di Kecamatan Cikupa dan Kecamatan Sindang Jaya.

Kepala UPTD SDA Wilayah 7, Defitri Yeni mengatakan normalisasi itu dilakukan karena saluran pembuang di wilayah tersebut mengalami pendangkalan atau sedimentasi. Selain itu, ditumbuhi juga rumput liar sehingga menghambat aliran air.

“Ini merupakan kegiatan rutin kami (UPTD Wilayah 7) dan dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk memastikan aliran air lancar dan dapat mengaliri sawah yang ada di sekitar saluran pembuang dan diharapkan dapat menampung aliran air sehingga tidak merendam jalan dan perumahan warga sekitar,” ujar Defitri, Minggu (14/05/2023).

Lokasi normalisasi saluran pembuang meliputi, Saluran Pembuangan Rawa Bangke di Desa Telagasari dengan panjang saluran mencapai 3.000 meter. Di titik ini dilakukan normalisasi sepanjang 500 meter dengan volume mencapai 2.000 meter kubik.

Selanjutnya, Saluran Pembuang Telaga di Desa Telagasari. Panjang salurannya mencapai 3.000 meter dan sudah dilakukan normalisasi sepanjang 500 meter dengan volume mencapai 3.000 meter kubik.

Kemudian, Saluran Pembuangan Cimaneh di Desa Sindang Sono, Kecamatan Sindang Jaya, dengan panjang saluran 3.000 meter. Di titik ini dilakukan normalisasi sepanjang 500 meter dengan volume mencapai 3000 meter kubik.

Selanjutnya, pada minggu ketiga Mei 2023, normalisasi akan dilanjutkan di Saluran Pembuangan Bunder, Desa Suka Damai, Kecamatan Cikupa, dengan panjang saluran 2.000 meter. Sesuai rencana, akan dilakukan normalisasi sepanjang 500 per 600 meter dengan volume rencana 3.000 meter kubik.

Pada minggu pertama Juni akan dilanjutkan kegiatan normalisasi di Saluran Pembuangan Cikawaron, Desa Sindang Jaya, Kecamatan Sindang Jaya, dengan panjang saluran mencapai 3.000 meter. Normalisasi akan dilakukan normalisasi sepanjang 500 meter dengan volume rencana 3.000 meter kubik.

Defitri mengimbau kepada warga khususnya Kecamatan Cikupa dan Kecamatan Sindang Jaya agar menjaga lingkungannya dan tidak membuang sampah di saluran pembuang. Dengan begitu, hasil kegiatan normalisasi berdampak positif bagi petani dengan mengairi sawah mereka dan mengurangi genangan air di jalan maupun di perumahan.

Sementara itu, Ketua RW 03 Desa Talagasari, Ahmad Hidayat menyampaikan ucapan terima ka­­sih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah melakukan nor­ma­­­lisasi saluran pembuang di wilayahnya.

Dengan normalisasi­ saluran pembuang tersebut, dapat menanggu­langi luapan air sungai ke sawah warga setempat yang menyebabkan tanaman padi rusak atau gagal panen.

“Atas nama warga Desa Talagasari, khususnya para petani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas BMSDA ini, karena sudah bersedia menormalisasi saluran ini,” kata Maman, saat dijumpai di lokasi.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Optimalisasi PAD, Bapenda Arahkan Wajib Pajak untuk Gunakan Alat Perekam Pajak

8 Februari 2024 - 22:56

Kapolri dan Pj Bupati Tangerang Hadiri Ground Breaking RS DSPEC Gading Serpong

4 Februari 2024 - 20:17

Sambut HPSN 2024 dan HUT Kota Tangerang Ke-31, Banksasuci Ajak Gen Z Bersihkan Cisadane dan Edukasi Sampah Dengan Produktif

2 Februari 2024 - 18:37

Kendalikan Inflasi, Pj. Bupati Tangerang Ajak Warga Tanam Cabai

31 Januari 2024 - 20:27

Lakukan Interkoneksi Pipa, PERUMDAM TKR Himbau Masyarakat Tampung Air

26 Januari 2024 - 21:45

Pastikan Konsistensi Sistem Manajemen Mutu, PERUMDAM TKR Lakukan Audit Eksternal

26 Januari 2024 - 21:08

Trending di Kabupaten Tangerang